Mohon tunggu...
HERRY SETIAWAN
HERRY SETIAWAN Mohon Tunggu... Konsultan - Creative Coach

membantu menemukan cara-cara kreatif untuk keluar dari kebuntuan masalah

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Ada yang Salah dengan Kreatif

14 Maret 2021   04:00 Diperbarui: 14 Maret 2021   06:31 275
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
propelcreativestudio.com

Pada sebagian orang kata kreatif ini sangat menakutkan. Seolah seperti buldozer, yang akan menggusur dan menghancurkan segala yang sudah berumur.

Yang lama menjadi musuh besar kreatif. Segala sesuatu harus baru, dengan kebaruan itulah menunjukkan kemajuan. Atau setidaknya sudah berada pada jalur yang benar menuju kemajuan.

Apakah memang seperti itu? Tidak juga sih. Banyak juga yang serba baru dalam sekejab menjadi usang dan layu.

Dalam dunia bisnis, kreatif itu bisa dibagi dalam tiga tahap.

Tahap pertama, fase ini adalah munculnya ide yang kreatif. Ide itu bisa benar-benar baru dalam arti belum ada yang mengeksekusinya secara masif. Atau ide tersebut adalah perbaikan dari kondisi yang sudah ada dalam bisnis sehari-hari.

Tahap kedua, detail bagaimana ide tadi akan dieksekusi, bukan lagi sesuatu yang abstrak. Rute atau jalannya sudah jelas sehingga bisa dilihat akan kemana pada akhirnya. 

Tanpa rute yang jelas, bisnis kreatif itu hanya masih dalam impian. Atau mungkin memang tidak bisa dibuatkan rutenya karena memang tak mungkin.

Tahap ketiga, dalam proses implementasi sebuah ide, dibutuhkan proses komunikasi yang terukur. Tanpa didukung oleh komunikasi yang mumpuni, ide baru yang mau diimplementasikan dapat dianggap sebagai ancaman oleh pihak lain sehingga akan menghambat laju penerapannya. Pada akhirnya akan mempengaruhi pencapaian yang diinginkan.

Ketiga tahapan yang ada diatas, tidak harus diterapkan secara berurutan - dalam arti semuanya mesti ada.

Bisa saja hanya diambil satu bagian saja. Misalnya semua produk atau jasanya tidak mengalami perubahan, tapi proses menyampaikannya kepada konsumen yang berbeda. Inipun bisa digolongkan dalam proses kreatif.

Sampai pada tahap ini, kata kreatif tidak lagi menakutkan. Bisa diterima dan disamakan dengan berubah.

Silahkan memilih mau memulai dari yang mana. Tahap pertama, kedua atau ketiga. Tak ada batasan dan keharusan.

Muara dari proses kreatif adalah menjadi lebih baik dan memperpanjang usia bisnis. 

Sama seperti kita yang setiap hari berganti corak pakaian, tidak menakutkan tapi menyenangkan. Semoga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun