Mohon tunggu...
HERRY SETIAWAN
HERRY SETIAWAN Mohon Tunggu... Creative Coach

membantu menemukan cara-cara kreatif untuk keluar dari kebuntuan masalah

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Mengenali Umur Bisnis

10 Maret 2021   05:00 Diperbarui: 11 Maret 2021   15:27 171 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenali Umur Bisnis
constructionexec.com

Seperti setiap makhluk hidup memiliki usia - demikian pula dengan bisnis. Tampaknya semua yang ada dibawah langit memiliki keterbatasan hidup, tak bisa selamanya atau abadi.

Ada yang hanya bertahan 10 tahun, 100 tahun bahkan 200 tahun mungkin, tapi akhirnya harus menyerah juga dengan keusangan - kehilangan pesona lalu layu kuyu.

Sebelum sebuah bisnis akan berakhir umurnya, biasanya ada tanda-tanda yang mendahului. Tidak bisa serta merta hilang begitu saja, kecuali dihadang pandemi covid-19 seperti sekarang.

Tanda-tanda itu salah satunya adalah kesulitan untuk menambah pelanggan baru.

Bisnisnya hanya bertahan dengan pelanggan yang sudah ada saja. Ini adalah gejala awal yang paling terang benderang dari mulai menuanya sebuah bisnis.

Seperti bisnis itu sendiri, pelanggan juga memiliki usia, seiring berjalannya waktu merekapun menjadi uzur atau mulai berganti selera atau kepincut dengan perusahaan yang lain.

Lalu tanda berikutnya adalah mulai kehilangan orang -orang hebat yang dengan dedikasi serta keahliannya membantu mengembangkan dan mempertahankan bisnis tersebut. Dan tidak ada lagi penggantinya yang memiliki kemampuan sama bahkan lebih yang masuk kedalam perusahaan itu.

Selain kedua tanda diatas, masih banyak tanda-tanda lainnya, akan tetapi kedua tanda diatas merupakan signal yang kadang tidak terasa oleh manajemen perusahaan sebagai nyanyian awal dari prosesi kematian usaha.

Kenali penyebabnya merupakan tindakan awal mengobati sakitnya. Setelah kenal, ada ribuan terapi yang tersedia, silahkan memilih sesuai dengan kemampuan dan keinginan. 

Umur usaha masih bisa diperpanjang asalkan mau dipanjangkan. Semoga

VIDEO PILIHAN