Mohon tunggu...
James P Pardede
James P Pardede Mohon Tunggu... Freelancer

Menulis itu sangat menyenangkan...dengan menulis ada banyak hal yang bisa kita bagikan.Mulai dari masalah sosial, pendidikan dan masalah lainnya yang bisa memberi pencerahan

Selanjutnya

Tutup

Thrkompasiana

Nasi Sayur dan Ayam Goreng, Sajian Santap Sahur #AntiRibet

13 Mei 2019   19:59 Diperbarui: 13 Mei 2019   20:27 0 0 0 Mohon Tunggu...
Nasi Sayur dan Ayam Goreng, Sajian Santap Sahur #AntiRibet
Makan banyak sayuran juga sangat bagus untuk ketahanan stamina selama Ramadan. Foto : James P Pardede

Bangun untuk makan sahur terkadang sangat sulit, karena mata masih kepingin terpejam dan kepala rasanya sangat berat untuk diangkat dan ditegakkan, belum lagi harus menyiapkan makanan yang akan disantap saat sahur. Tapi, karena sudah niat berpuasa jangan sampai ada bolongnya, bangun pagi tidak jadi masalah.

Lantas, apa menu pilihan paling simpel dan nggak ribet saat sahur? Pilihan sebemarnya ada pada selera kita dan yang terpenting adalah cukup kandungan karbohidrat, protein dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh agar bisa menjalani hari dengan penuh semangat dan kecukupan energi bisa mengimbangi aktivitas kita sehari-hari.

Kalau saat buka puasa kita sudah makan ini dan makan itu, pasti untuk maan sahur kita sudah persiapkan sebelumnya. Ada yang memilih makan nasi sayur dengan ayam goreng adalah menu paling simpel dan nggak ribet.

Nasi sayur mungkin bisa kita siapkan malam hari sebelum tidur, saat bangun untuk bersantap sahur tinggal dipanaskan sebentar. Lalu untuk melengkapi kebutuhan kalori dan protein, ayam goreng bisa jadi pilihan karena mudah untuk menyiapkannya.

Ayam goreng yang akan digoreng saat santap sahur sudah kita bumbui malam harinya dengan bumbu ayam goreng, atau mau menikmati ayam goreng original hanya melumuri daging ayam dengan garam, bawang putih yang dihaluskan dan sedikit merica. Ayam yang sudah diadon dengan bumbu ini disimpan di lemari es.

Kalau mau cukup kalori dan siap untuk menjalankan aktivitas tanpa terhalang dengan keluhan rasa sakit, ada baiknya sebelum mengakhiri sahur minum air putih secukupnya atau minum susu untuk tambahan kalori dan energi.

Ada juga yang memilih mengonsumsi makanan dengan banyak sayuran dan menutup sahur dengan makan buah-buahan. Yang penting, saat santap sahur kita cukup menikmati makanan yang mudah disiapkan dan dihidangkan. Nggak perlu ribet dan menyusahkan.

Ayam goreng dan kentang goreng juga enak dijadikan teman nasi saat santap sahur. Foto : James P Pardede
Ayam goreng dan kentang goreng juga enak dijadikan teman nasi saat santap sahur. Foto : James P Pardede
Pilihan menyiapkan sayuran segar seperti selada, tomat, sayur kol, terong lalap, kentang rebus yang disajikan dengan sedikit mayonaise akan terasa nikmat. Setelah memakan sayuran ini, baru kita bersantap sedikit makanan berat seperti nasi dengan lauk pauknya demi untuk memenuhi kebutuhan kalori, vitamin dan energi yang dibutuhkan tubuh saat beraktivitas.

Menu paling simpel lagi saat sahur adalah makan bubur atau nasi yang dipadukan dengan sop atai soto daging. Agar tidak ribet saat menyajikan, sop atau soto sebaiknya sudah disiapkan ramuannya pada malam hari, dan saat akan dihidangkan tinggal memasaknya saja beberapa menit dan sudah siap disajikan dengan nasi.

Pilihan menu untuk berbuka puasa memang tak perlu ribet alias anti ribet. Yang paling penting adalah kita bisa sahur dan kecukupan karbohidrat, vitamin dan air yang kita konsumsi sudah terpenuhi untuk menjalani aktivitas seharian sampai berbuka puasa. Sahur jangan dibikin susah, pastikan kebutuhan protein, gizi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh benar-benar terpenuhi.