Mohon tunggu...
James P Pardede
James P Pardede Mohon Tunggu... Freelancer

Menulis itu sangat menyenangkan...dengan menulis ada banyak hal yang bisa kita bagikan.Mulai dari masalah sosial, pendidikan dan masalah lainnya yang bisa memberi pencerahan

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Mau Makan Durian dan Kuliner Enak, Datanglah ke Medan

18 Oktober 2018   05:47 Diperbarui: 19 Oktober 2018   01:32 0 10 4 Mohon Tunggu...
Mau Makan Durian dan Kuliner Enak, Datanglah ke Medan
Datang ke Medan tak lengkap rasanya kalau belum mencicipi durian. Foto: James P Pardede

Tulisan tentang wisata kuliner Kota Medan ini mungkin entah yang sudah ke seratus berapa atau mungkin sudah masuk ke angka seribu.

Tapi, apa pun ceritanya, yang namanya tulisan kuliner Kota Medan tak pernah putus-putusnya. Kalau datang ke Medan tak lengkap rasanya kalau belum mencicipi salah satu penganan khas Kota Medan, yaitu durian yang dalam bahasa Latinnya disebut Durio zibethinus.

Tempat makan durian enak di Medan saat ini sudah banyak lokasinya, selain Ucok Durian di Sei Wampu, ada juga Pelawi Durian di Jalan Sunggal, Sei Sikambing Medan, Si Bolang di Jalan Iskandar Muda Medan, Durian Awak di Jalan Pattimura, Nande Durian di Jalan Gajah Mada Medan dan ada juga Durian House sebagai pusat penjualan oleh-oleh berbahan dasar durian (pancake durian, bolu durian dan makanan lainnya yang berbahan durian).

Tidak hanya durian, Kota Medan juga menjadi salah satu tujuan wisata kuliner yang diminati banyak kalangan. 

Pertama kali menginjakkan kaki di Kota Medan, seperti disampaikan teman yang berkunjung ke Medan, ia ingin membuktikan apakah benar Kota Medan sebagai kota kuliner yang memiliki ragam kuliner andalan?

Pertanyaan dan rasa penasarannya itu terjawab sudah, karena memang benar setelah mencicipi beberapa kudapan dan makanan khas Kota Medan, ia jadi ketagihan dan lidahnya semakin akrab dengan masakan khas Medan seperti soto Medan, lontong Medan dan masakan khas Sibolga atau Sidimpuan.

Kalau punya kesempatan datang ke Kota Medan, jangan lupa melintasi kawasan Kesawan yang ada di Jalan Ahmad Yani Medan. 

Di antara bangunan-bangunan bersejarah yang ada di kawasan Kesawan ini ada salah satu restoran tua bernama Tip Top Restaurant. Keunikan restoran ini adalah berada tepat di depan gedung tua Tjong A Fie, yang menjadi salah satu bangunan bersejarah di Kota Medan.

Tip Top Restaurant di kawasan Kesawan Medan Foto : James P Pardede
Tip Top Restaurant di kawasan Kesawan Medan Foto : James P Pardede
Bercerita tentang menu makanan di restoran ini, tersedia makanan tradisional, sea food, sop, maupun makanan western seperti steak, sandwich dan menu lainnya. Ada juga kue-kue dan bakery yang khas serta ice cream yang segar saat singgah dimulut. 

Salah satu kenikmatan yang tak bisa dilupakan saat berada di restoran ini adalah saat duduk menikmati makanan bisa menyaksikan hiruk pikuk lalu lalang kendaraan dan bangunan yang ada di depan restoran.

Tak jauh dari kawasan ini, ada salah satu pusat jajanan yang menjadi ikon kota Medan. Namanya Merdeka Walk. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x