Mohon tunggu...
James Martua Purba
James Martua Purba Mohon Tunggu... Petani - Digital Cooperative and Financial Enthusiast

Berbagi pengalaman, pengetahuan dan kebaikan untuk kebersamaan. Percaya dengan gotong royong, kebersamaan dan kekeluargaan semua akan baik-baik saja. *Love GOD, Indonesia and Family* purbajamesnw@gmail.com, WA : 081321018197

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Lebih Seru! Kantorpos Vs Koperasi Vs Bank (KKB)

26 September 2022   13:27 Diperbarui: 28 September 2022   01:52 660 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kantorpos merupakan salah satu  layanan publik yang telah lama berperan mendorong peningkatan inklusi keuangan di Indonesia, disamping Koperasi dan Bank !

KANTORPOS penuh kenangan manis bagi generasi baby boomer (lahir 1946-1964) dan gen-x (lahir 1964-1980) untuk kenangan menunggu datangnya pakpos yang baik hati dan berjasa mengantar balasan surat berprangko  atau kiriman barang serta uang (weselpos). Bagi generasi selanjutnya (milenial) mungkin penuh tanda tanya karena jarang atau tidak pernah mengunjungi kantorpos

Di awal era internet  tahun 90-an Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  yang telah berusia 276 tahun itu harus berhadapan dengan kenyataan merosotnya pengiriman surat dan hadirnya perusahaan jasa titipan baru, serta dihapuskannya monopoli Pos.

Menjawab situasi tsb ketika itu kantorpos awal 2000-an  bertransformasi  menggeser fokus jasa pengiriman surat dengan memanfaatkan internet untuk pengembangan jasa keuangan seperti pembayaran publik (telepon, air, listrik,  cicilan, asuransi, dsb). 

Namun perusahaan jasa pengiriman dokumen dan barang  juga semakin banyak yang lahir. Di era digital yang semakin smart, lahir   perusahaan rintisan (start up) jasa pengiriman yang berlari sekencang internet, apakah kantorpos survive?

APA HUBUNGAN KANTORPOS, KOPERASI dan BANK? 

Hubungannya tentu baik-baik saja! Namun ternyata di balik semua kenangan manis tersebut, layanan Pos paling komplit sedunia ! Pengiriman (dokumen/barang) yang saat ini sangat dibutuhkan dan berkembang pesat dengan tumbuhnya layanan jual beli online (e-commerce). Layanan jual beli online membutuhkan jasa  pengiriman uang atau transfer yang nota bene adalah layanan perbankan, juga dimiliki oleh kantorpos. 

Artinya kantorpos sudah berpengalaman  dengan jasa perbankan melalui produk sendiri bernama weselpos (remittance) dan giropos. 

Bahkan pihak perbankan dan Koperasi memanfaatkan kantorpos yang jumlahnya ribuan itu untuk penyaluran pinjaman kredit kepada pensiunan Sipil dan Militer hingga saat ini. 

Ibu saya yang pensiunan janda  Militer  tetap setia datang mengambil uang pensiun di kantorpos, sekalian meminjam uang di Bank lewat kantorpos dan tidak menggunakan layanan transfer bank.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan