Mohon tunggu...
James Martua Purba
James Martua Purba Mohon Tunggu... Petani - Digital Cooperative and Financial Enthusiast

Berbagi pengalaman, pengetahuan dan kebaikan untuk kebersamaan. Percaya dengan gotong royong, kebersamaan dan kekeluargaan semua akan baik-baik saja. *Love GOD, Indonesia and Family* purbajamesnw@gmail.com, WA : 081321018197

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Super App Berbadan Hukum Koperasi, Bukan PT!

10 September 2022   02:09 Diperbarui: 12 September 2022   20:03 452 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi SUPER APP. (sumber: KOMPAS/SUPRIYANTO)

SUPER APP adalah platform pada smartphone yang dikembangkan oleh perusahaaan/organisasi dengan menawarkan "one stop services" berbagai macam layanan dalam satu aplikasi (tidak perlu mengunduh berbagai aplikasi) . 

Contoh Grab, Gojek , Tokopedia,Shopee, dll. Dalam pandangan awam, membangun super app pastilah Perusahaan (PT) butuh biaya besar dan bakar-bakar uang. Ternyata ada cara yang lebih efisien.

Koperasi memiliki super app seperti Gojek, Tokopedia, Shopee? Tidak aneh. Sekarang semuanya bisa. Kenyataannya koperasi berbasis digital adalah super app ketika dalam aplikasi tersedia berbagai fitur yang dibutuhkan anggota, tidak hanya simpan pinjam tetapi juga layanan pembayaran, perbankan, e-commerce dsb. Ya, anggota koperasilah sang pemilik super app itu.

Jadi begini, ekonomi kreatif lahir di era digital dan era digital ditandai dengan banyaknya lahir start up digital maupun non digital. 

Ekonomi kreatif merupakan aliran ekonomi baru yang mengutamakan nilai intelektual dalam menciptakan uang, menambah kesempatan kerja, serta memberikan kesejahteraan pada masyarakat.

Semua mengarah kepada kebangkitan dan pertumbuhan ekonomi, baik kapitalis maupun sosialis. Teknologi informasi mendisrupsi semua sektor industri dan perdagangan yang memaksa perusahaan atau organisasi apapun melakukan shifting (perpindahan) dari model bisnis lama ke model bisnis baru. 

Lembaga atau badan hukum koperasi termasuk yang berkehendak berubah, meski persepsi atau mindset masyarakat terhadap koperasi jangan lagi terjebak dengan masa lalu.

BADAN HUKUM SUPER APP: PT (Perseroan Terbatas) atau KOPERASI?

design :JMP
design :JMP

Yang mau dibahas adalah badan hukum super app, bukan platformnya. Umumnya badan hukum super app seperti Gojek dan Tokopedia dan banyak super app lainnya adalah PT, artinya bahwa pemiliknya adalah segelintir pemodal besar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan