Mohon tunggu...
Jamaluddin Dg Abu
Jamaluddin Dg Abu Mohon Tunggu... www.rumahkoran.com

Petani Online di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan www.petani.online

Selanjutnya

Tutup

Karir

Regenerasi Petani Guncang Dunia Pertanian

16 Mei 2019   20:44 Diperbarui: 16 Mei 2019   21:52 0 1 0 Mohon Tunggu...
Regenerasi Petani Guncang Dunia Pertanian
menteri-pertanian-5cdd6e1c3ba7f736886456d2.jpg

Berikan Aku 10 Pemuda maka akan kuguncangkan dunia, (Bung Karno), berikan aku 10 pemuda tani maka pertanian akan terguncang, karena masa depan pertanian berada di pundak pemuda tani.

Era digital adalah era yang mampu membuat pemuda Indonesia tertarik dengan dunia pertanian, era 4.0 menjadikan pertanian menarik dan kren, karena teknologi telah mampu merasuki dunia pertanian dari dunia nyata masuk ke dunia Maya.

Aplikasi online marketplace adalah peluang yang bisa di manfaatkan oleh pemuda untuk menggarap pertanian Indonesia, karena era 4.0 hampir seluruh penduduk dunia telah menggunakan Hp Pintar (adroid), sehingga memudahkan transaksi dan komunikasi aktivitas dan pemasaran hasil pertanian, melalui aplikasi Jual beli Online petani memasuki era teknologi yaitu menjadi petani Online.

Aplikasi Markerplace menghubungkan petani dan konsumen secara langsung, tanpa tengkulak, sehingga harga tetap stabil dan hal ini bisa terjadi di tangan Regenerasi Petani, seperti halnya program Menteri Pertanian yaitu mencetak 1 juta petani Millennial, sebuah program untuk mencetak dan melahirkan generasi petani yang hebat dimata dunia seperti halnya capaian Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaeman yakni membawa pertanian Indonesia di akui dunia, yaitu mampu memukau Anggota Forum G20, menjadi satu - satunya negara ASEAN yang telah menjadi anggota G20 naik kelas dari negara berkembang menjadi negara maju. Hal ini harus menjadi semangat kaum millenial bahwa pertanian Indonesia hebat di mata dunia.

Selain itu Regenerasi petani juga perlu disiapkan sejak dini, yaitu dengan terus mendorong anak -- anak petani untuk berpendidikan, agar melahirkan generasi petani yang berilmu atau berpendidikan, jangan biarkan pertanian mundur lagi karena generasi petani yang terpaksa jadi petani, tetapi melahirkan petani yang sesuai passionnya.


Persiapan itu ada pada Sarjana Pulang kampung, karena di tangannya mempunyai banyak kelebihan, yakni kekuatan fisik, menguasai teknologi, memiliki skill, inovasi dan mempunyai waktu luang. Sarjana Jadi Petani membuat pertanian memiliki sumber daya manusia yang memadai, handal dan berdaya saing.

Hal yang perlu di sadari para sarjana adalah peluang usaha sector pertanian sangat menjanjikan, sehingga seseorang yang telah jadi sarjana tidak mesti jadi PNS tetapi menjadi Agripreneur, banyak peluang dan usaha yang bisa di rintis, seperti menjadi penyedia pupuk kebutuhan pertanian, menjadi pelaku usaha secara on farm dan off farm dalam proses budidaya, membuka usaha olahan hingga menekuni pemasaran pasca panen.

Peluang Pertanian terbuka lebar dan jika Tidak ada petani maka tidak ada makanan,begitu pentingnya profesi seorang petani, sehingga  ayo segera kita putuskan untuk segera mengambil langkah dan keputusan untuk segera menggeluti profesi pertanian, mari berbondong - bondong memajukan pertanian jangan biarkan Menteri Pertanian bapak Andi Amran Sulaiman bekerja Sendiri, mari berkontribusi memajukan Pertanian Indonesia menuju lumbung pangan Dunia 2045.

 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x