Mohon tunggu...
Dede Jalaludin
Dede Jalaludin Mohon Tunggu...

seorang penyuka sastra dan aktif dalam menulis karya sastra berupa syair-syair puisi.

Selanjutnya

Tutup

Muda

Edukasi di Tayangan Malam "Big Bang KompasTV"

17 November 2015   10:59 Diperbarui: 17 November 2015   11:35 51 0 0 Mohon Tunggu...

setiap malam memang asyik dan enaknya di depan televisi dengan beragam acara baik sinetron, reality show maupun kontes pencarian bakat. acara-acara tersebut membuat reting pertelevisian tinggi. membuat acara tersebut menambah waktu jam tayang hingga berjam-jam bahkan menambah hari untuk diputar mengisi waktu istirahat di malam hari. sebegitu wajarkah dunia pertelevisian Indonesia dengan memperbanyak tayangan-tayangan yang kurang mengandung nilai-nilai eduksi terhadap penonton.

kita lihat saja sinetron-sinetron di beberapa stasiun televisi tentang pergaulan remaja tingkat sekolah yang sangat mengkhawatirkan. bagaimana tidak dunia mereka yang seharusnya mencontoh kultur sekolah yang ramah, nyaman dan aman namun, dalam sinetron tersebut tidak mencerminkan begitu ramah, nyaman dan aman sekolah. hal ini menjadi sudah lumrah saat keadian-kejadian kekerasan yang terjadi di sekolahan tidak menututup kemungkinan pengaruh siaran pertelevisian yang dominan tehadap kultur yang mereka lihat di televisi kemudian mereka implementasikan di sekolah.

ajang pencarian bakat pun sering mengundang gelak pertanyaan bagaimana tidak adanya saling membully antara pendukung satu kontestan dengan kontestan lain. selain itu, para mentor dengan gaya berlebihan membuat acara tersebut bukan ajang pencarian bakat sesungguhnya melainkan memamerkan hadiah. selain itu, ucapan-ucapan yang berlebihan membuat ajang tersebut menjadi ajang pembullyan terhadap kontestan oleh dewan juri.

sudahkah pertelevisian kita belajar mengenai industri pertelevisian seharusnya ada nilai-nilai edukasi yang di siarkan di malam hari jadi saat malam tiba antara orang tua dan anak bisa duduk bersama untuk berdiskusi tentang acara yang diputar sehingga tidak lagi ada jarak antara orangtua dan anak. pendidikan keluarga merupakan hal utama untuk menjadikan Indonesia cerdas selain di sekolahan.

namun, dari semua acara pertelevisian ada acara baru yang di suguhkan oleh kompas tv yaitu kompasiana dan big bang menurut saya acara tersebut mengandung nilai edukasi salah satunya acara teranyar BIG BANG yang di pandu oleh Andy F Noya menghadirkan anak muda yang memiliki kepedulian sosial terhadap tempat tinggalnya. tentunya ini membuktikan masih ada acara yang peduli terhadap generasi cemerlang generasi masa depan untuk membangun Indonesia cerdas dan yang memiliki kepedulian sosial tinggi. semoga kedua acara tersebut terus disiarkan di tengah waktu istirahat (malam) sehingga ada keseimbangan antara hiburan dan edukasi.

maju kompastv dan kompasiana

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x