Mohon tunggu...
Jacqueline Angela
Jacqueline Angela Mohon Tunggu...

Fakultas Ekonomi - Akuntansi, Universitas Atmajaya

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

5 Pilihan Sarapan untuk Memulai Hari Sehat Anda

17 Oktober 2014   23:31 Diperbarui: 17 Juni 2015   20:38 688 0 0 Mohon Tunggu...

Anda juga ingin hidup sehat? Di jaman-jaman sekarang ini, orang—orang sudah mulai memperhatikan pola hidup sehat, baik dari segi olahraga maupun makanan. Tidak hanya orang-orang tua yang ingin hidup sehat, para remaja sekarang ini juga sudah mulai berpola hidup sehat. Banyak remaja-remaja baik laki-laki maupun perempuan yang berolahraga ke fitness center, jogging pagi dan sore, menghindari makan-makanan tidak sehat seperti makanan berlemak, makanan yang di goreng, Junk Food /Fast Food (makanan cepat saji), cemilan manis, dan makanan tidak sehat lainnya.

Nah, untuk memulai hari sehat anda, ada 5 makanan yang dapat anda gunakan untuk sarapan sehat sebagai pembuka hari sehat anda :

1. Oatmeal



Pilihan pertama adalah oatmeal, oatmeal adalah makanan yang terbuat akan gandum yang sangat kaya akan serat dan  banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Manfaat oatmeal antara lain :

-Untuk menurunkan kolesterol

-Dapat mengurangi resiko serangan jantung

-Mengurangi hipertensi

-Mencegah kanker

-Berantioksidan tinggi

-Menghaluskan kulit



Agar oatmeal dapat menjadi semakin enak dan menyehatkan, dapat menggunakan topping-topping seperti :

1.Pisang dan madu

Pisang dapat di potong-potong diatas oatmeal, lalu diberi sekitar satu atau dua sendok madu untuk menambah rasa manis, atau takaran sesuai selera dan porsi.


2.  Apel dan Cinnamon

Selain pisang dan madu, agar tidak bosen bisa juga menggunakan apel yang dipotong kotak-kotak dan ditaburi sedikit cinnamon (kayu manis) untuk menambah harum dan rasa.

3.Berries dan almond

Selanjutnya adalah berries sebagai topping, berries itu aedalah buah-buahan yang terdiri dari strawberry, blueberrry, raspberry, dan blackberry. Seperti pisang dan apel, berries juga harus di potong-potong lalu taburi almond. Anda dapat memilih berries yang anda gunakan sesuai selera anda.

4.Ayo cobalah berkreasi dengan menambahkan topping favorit anda:)



2.Roti Gandum



Pilihan kedua adalah roti gandum. Dibanding roti yang berwarna putih, roti gandum lebih menyehatkan karena seratnya jauh lebih tinggi, lebih rendah lemak dan kolestrol. Mulai sekarang, ganti roti putih anda dengan roti gandum untuk hidup lebih sehat. Roti gandum untuk sarapan dapat disajikan dengan beberapa cara :

1. Roti gandum dengan scramble egg

Untuk roti gandum dengan telur, lebih baik roti di panggang terlebih dahulu. Scramble egg sebenarnya adalah telur orak arik dalam Indonesia. Scramble egg sangat cocok menjadi isian roti gandum dengan sedikit tambahan garam dan lada hitam/ lada putih untuk rasa.

2.Roti gandum dengan alpukat & telur matasapi

Walaupun terdengar aneh, alpukat dan telur matasapi adalah pasangan yang cocok jika ada diatas roti gandum. Hanya oleskan alpukat dan letakkan telur diatasnya dan sedikit lada hitam untuk rasa. Boleh juga menggunakan scramble egg sebagai pengganti telur matasapi.

3.Roti gandum dengan keju

Simple, sehat dan dapat memberi anda energi untuk memulai hari sehat anda. Hanya letakkan keju slice diatas roti.

3Pancake



Siapa yang tidak suka pancake? Pilihan ketiga adalah pancake. Pancake sangat mudah dibuat bukan? Jika anda belum tau caranya, berikut caranya : (resep ini saya ambil dari internet)

Bahan :


  • 100 gr tepung terigu
  • 250 ml susu cair
  • 1 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya
  • Garam secukupnya
  • Sedikit margarin untuk olesan

Cara membuat :


  1. Campur rata dan aduk tepung terigu, garam, kuning telur dan susu dengan ballon whisk sampai rata atau bisa menggunakan mixer dengan kecepatan yang paling rendah (kalau tidak punya ballon whisk dan mixer, bisa juga menggunakan spatula kayu)
  2. Kocok putih telur sampai kaku. Bisa menggunakan garpu maupun ballon whisk.
  3. Kemudian masukkan adonan tepung ke dalam adonan putih telur, aduk rata. Nah dalam mencampur adonan tepung dengan putih telur, bisa juga menggunakan tehnik pancing. Dengan cara mengambil sedikit putih telur dan campurkan ke dalam terigu, aduk rata. tambah sedikit demi sedikit. Kemudian baru masukkan adonan terigu ke dalam putih telur. Langkah ini untuk menghindari putih telur yang bergerindil.
  4. Panaskan teflon diameter paling kecil (yang untuk bikin telor ceplok), oles dengan margarin, kecilkan api. Bisa juga menggunakan teflon ukuran standar.
  5. Tuang adonan sekitar 2,5 sendok sayur, tutup sebentar
  6. Balik jika adonan sudah ada sedikit berpori dan sedikit mengeras pinggirnya.

Sebagai topping, anda dapat menggunakan sirup maple, butter, dan berries.

4.Omelette



Yang keempat adalah omelette, sangat mudah membuat omelette. Cara membuatnya sama seperti membuat telur dadar namun tidak sampai warnanya coklat/kering. Sebelum di goreng, campurkan topping-topping seperti tomat, paprika yang dipotong kotak-kotak, sayuran, dan jamur bila suka. Lalu gulung, dan jadilah omelette.

5.Salad Buah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x