Mohon tunggu...
Keamanan

Kriminalitas Selama Pandemi

23 November 2020   13:25 Diperbarui: 23 November 2020   13:42 39 2 0 Mohon Tunggu...

Di masa pandemi sekarang ini, banyak sekali sektor perekonomian yang terhambat, bahkan berhenti secara total. Karena hal ini, banyak orang yang kehilangan mata pencaharian dan kehilangan pemasukan. Imbas dari kejadian ini adalah meningkatnya kriminalitas, dalam berbagai bentuk dan tingkatan.


Misalnya saja yang paling umum; pencurian. Pada tahun 2020 ini, angka kriminalitas tiap pekannya cenderung meningkat. Misalnya saja pada pekan ke-21, ada sekitar 2735 kasus, namun pada pekan ke-22 bertambah menjadi 3177 kasus. Kejahatan lain seperti penipuan, pembunuhan dan pemerkosaan juga kian meningkat.


Penyabab utama terjadinya kriminalitas ini kemungkinan besar adalah kelaparan, karenabanyak sekali orang yang kehilangan pekerjaannya selama pandemi ini, yang menyebabkan mereka menghalalkan segala cara untuk mendapatkan sesuap nasi untuk menyambung hidup.


Faktor lain yang berpengaruh adalah tekanan hidup. Selama pandemi ini banyak orang yang tertekan karena perubahan gaya hidup yang spontan dan total. Kejadian ini tidak hanya terjadi pada orang yang sudah bekerja, tapi juga pada pelajar. Stress ini menyebabkan orang kehilangan kendali dan bisa melakukan apa saja untuk mengurangi tekanan hidupnya.


Menurut saya, hal ini tidak aneh karena seiringan dengan munculnya kelaparan, muncul juga kepanikan dan bersama dengan kepanikan, hilanglah kemampuan untuk berpikir logis. Maka dari itu, marilah kita tetap tenang  dan berpikir rasional demi menjaga keamanan nasional

VIDEO PILIHAN