Mohon tunggu...
Jackson Kumaat
Jackson Kumaat Mohon Tunggu...

"Politisi muda yang selalu berharap adanya perbaikan hidup bangsa dan negara yang lebih baik dan benar melalui tulisan-tulisan, sehingga Indonesia menjadi bangsa yang disegani dan negara yang dihormati"

Selanjutnya

Tutup

Politik

Jendral Pramono Rangkul Pemuda

25 Oktober 2012   05:27 Diperbarui: 24 Juni 2015   22:25 91 0 0 Mohon Tunggu...

Ada statement menarik yang disampaikan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Pramono Edhie Wibowodi rapat kerja nasional Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI)di Senggigi Lombok, NTB. Ipar Pak Beye ini mengajak KNPI menyatukan langkah ke depan dalam membangun bangsa.

Entah apa maksud dari ‘menyatukan langkah ke depan dalam membangun bangsa’ itu. Agak bersayap memang. Apalagi, sejumlah survei jajak pendapat untuk menentukan calon presiden (capres) pada Pemilu 2014 mendatang, Sang Jendral mulai menunjukkan popularitasnya, meski masih di bawah angka 5 persen.

Pramono sengaja didaulat DPP KNPI untuk berbicara di rakernas KNPI, yang digelar sebagai bagian peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Di dalam pidatonya, Pramono membedah kualitas pemimpin muda di era saat ini.

Menurut Jendral Pramono, para pemuda Indonesia agar tak melupakan sejarah pergerakan organisasi kepemudaan. Sumpah Pemuda diucapkan, kata Pramono, karena pada saat itu pemuda adalah orang yang akan melakukan perubahan. Saat itu, musuh utama negeri ini adalah para penjajah. Untuk itu, maka perlu adanya kekuatan untuk melawan para penjajah yaitu satu tanah air, satu bangsa, satu bahasa.

KSAD juga menekankan peran penting pemuda sebagai tulang punggung bangsa Indonesia. Ia merasa yakin, bahsa saat ini masih banyak pemuda berkualitas, yang bisa bersama-sama membangun bangsa. Ia mengaku TNI siap mendukung program KNPI.

Menurut saya, pidato Jendral Pramono ini bisa saja menjadi sinyal kedekatannya dengan elemen masyarakat. Meski ia di hadapan jurnalis sering membantah akan menjadi capres setelah Pak Beye, tapi bagi saya, proses pencapresan Pramono telah berlangsung di KNPI. Sebagai organisasi pemuda, KNPI dianggap layak untuk ajang silaturahmi dan silatirahim. Apalagi, tampaknya tak ada penolakan dari KNPI sendiri.

Salam Kompasiana!

Jackson Kumaat on :

My Blog KompasianaWebsiteFacebookTwitterPosterousCompanyPolitics |

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x