Mohon tunggu...
Yakobus Mite
Yakobus Mite Mohon Tunggu... Perubahan itu Kekal

Pemerhati Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Menjaga Keseimbangan Otak Anak Menuju Kesuksesan

16 Juni 2019   16:30 Diperbarui: 17 Juni 2019   08:53 0 0 0 Mohon Tunggu...
Menjaga Keseimbangan Otak Anak Menuju Kesuksesan
Simulasi: San Isidro sedang bermain untuk mejaga keseimbangan otak kiri dan otak kanan. (Dok. Jack Mite)

Manusia adalah ciptaan Tuhan yang sempurnah karena memiliki hampir semua hal yang tidak dimiliki makhluk lainnya. Manusia memiliki tubuh yang indah, lengkap dengan fungsi-fungsinya, raga yang kuat, otak yang bisa berpikir secara jauh dan tajam, sifat dan karakter yang berragam.

Sebagai gambaran Allah, manusia mempunyai banyak pandangan dan definisi antara lain makhluk yang berbicara, makhluk yang memiliki akal budi, makhluk simbolik dan makhluk beretika. Namun setiap individu memiliki cara berpikir, karakter yang berbeda-beda.

Kemampuan berpikir atau kecerdasan setiap orang dalam memahami, memecahkan masalah dan mengkritisi suatu persoalan tentu berbeda-beda pula. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia cerdas berarti sempurna perkembangan akal budi seseorang manusia untuk berpikir, mengerti, tajam pikiran dan sempurna pertumbuhan tubuhnya.

Berikut pengertian kecerdasan menurut para ahli:

Howard Gardner mendefinisikan kecerdasan adalah: Kemampuan untuk memecahkan suatu masalah, menciptakan masalah baru untuk dipecahkan, menciptakan sesuatu atau menawarkan suatu pelayanan yang berharga dalam suatu kebudayaan masyarakat.

Gregory mendefinisikan kecerdasan adalah kemampuan atau keterampilan untuk memecahkan masalah atau menciptakan produk yang bernilai dalam satu atau lebih bangunan budaya tertentu.

Anita E. Woolfolk mendefinisikan kecerdasan adalah kemampuan untuk belajar, keseluruhan pengetahuan yang diperoleh, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi baru atau lingkungan pada umumnya.

C. P. Chaplin mendefinisikan kecerdasan adalah kemampuan menghadapi dan menyesuaikan diri terhadap situasi baru secara tepat dan efektif.

Dari beberapa pikiran para ahli di atas, penulis menyimpulkan bahwa Kecerdasan atau Intelegensi adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam memecahkan masalah dan menyesuaikan diri dengan lingkungan atau beradaptasi.

Secara umum kecerdasan terdiri dari; kecerdasan intelektual atau Intelegent Quotient (IQ), kecerdasan emosional atau Emotional Quotient (EQ), dan kecerdasan spritual atau Spiritual Quotient (SQ). Penjelasan mengenai pengertian IQ, EQ dan SQ sebagai berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3