Mohon tunggu...
Yakobus Mite
Yakobus Mite Mohon Tunggu... Perubahan itu Kekal

Pemerhati Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ngada Peserta UNBK Terbanyak di NTT

16 Mei 2019   22:25 Diperbarui: 16 Mei 2019   23:11 0 0 0 Mohon Tunggu...
Ngada Peserta UNBK Terbanyak di NTT
Pelaksanaa UNBK di SMPN 1 Aimere, Sumber Gambar (Jack Mite)

Ujian Nasional (UN) Tingkat Sekolah Menengah Pertama /Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) telah dilaskanakan secara serentak di Seluruh Indonesia pada tanggal 22-25 April tahun 2019. Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memberi pertimbangan untuk Daerah Indonesia Bagian Timur Khusus untuk Provinsi Papua, Papua Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT) melaksanakan UN pada tanggal 23-26 April 2019.

Hal ini dikarenakan pada tanggal 20-21 April 2019 bertepatan dengan Hari Raya Paskah Kebangkitan Tuhan bagi Umat Beragama Katolik dan Protestan. Perubahan jadwal UN SMP/MTs khusus daerah Indonesia bagian timur diatur dalam Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor: 0047/P/BSNP/XI/2018  Tentang Prosedur Operasional Standar penyelenggaraan Ujian Uasional (POS UN) tahun pelajaran 2018/2019.

Pelaksanaan UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2018/2019 dilaksanakan melalui dua sistem yaitu Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada, Drs Vinsensius Milo, MM menjelaskan bahwa UN SMP/MTs di Kabupaten Ngada dilaksanakan melalui dua sistem, yaitu dengan UNKP dan UNBK. Milo menjelaskan bahwa untuk sekolah peserta UNBK SMP/MTs di Kabupaten Ngada ada peningkatan jumlah sekolah peserta UNBK tiga tahun tahun terakhir.

Tahun Pelajaran 2016/2017 sekolah peserta UNBK berjumlah 3 sekolah dari total 66 SMP/MTs di kabupaten Ngada. Pada Pelajaran 2017/2018 Sekolah Peserta UNBK bertambah menjadi 11 sekolah peserta UNBK dari total 66 SMP/MTs di kabupaten Ngada. Sedangkan pada tahun pelajaran 2018/2019 sekolah peserta UNBK berjumlah 48 sekolah dari total 67 SMP/MTs di Kabupaten Ngada. Berdasarkan data sekolah peserta UNBK dari Panitia UN Provinsi NTT, Kabupaten Ngada adalah Kabupaten dengan jumlah sekolah peserta UNBK SMP/MTs terbanyak di NTT. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada, melalui Kepala Seksi Kurikulum dan Peserta Didik Sekolah Menegah Pertama Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada, Yakobus Mite, S. Pd, M. Pd mengatakan bahwa pelaksaan UN SMP/MTs khusus untuk sekolah peserta UNBK tiga tahun terakhir mengalami peningkatan jumlah sekolah peserta UNBK SMP/MTs, hal ini karena mendapat dukungan penuh Pemerintah Pusat melalui APBN dan terutama Pemerintah Daerah Kabupaten Ngada melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang direncanakan dalam DPA Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada.  

Mite menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak, yang telah mendukung dan ambil bagian dalam menyukseskan kegiatan UN SMP/MTs Kabupaten Ngada Tahun Pelajaran 2018/2019. Terima kasih untuk Pemerintah Provinsi NTT yang telah memberikan ruang kepada sekolah peserta UNBK SMP/MTs sebagai sekolah induk dalam pelaksanaan UNBK, Panitia UN SMP/MTs Kabupaten Ngada, Panitia UN SMP/MTs tingkat satuan pendidikan dan lebih khusus untuk Help Desk Kabupaten, Proktor dan Teknisi yang telah menyukseskan pelaksanaan UNBK SMP/MTs Tahun Pelajaran 2018/2019. 

Pemerintah Daerah Kabupaten Ngada melalui Dinas  Pendidikan dijelaskan Milo bahwa, demi pelayanan pendidikan yang berkualitas pemerintah terus berkomitmen dan mendukung melalui peningkatan anggaran untuk memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Target Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada untuk UN SMP/MTs tahun pelajaran 2019/2020 semua sekolah melaksanakan dengan sistem UNBK. Untuk itu Milo tetap mengharapkan dukungan dari semua pihak demi masa depan anak didik kita.