Mohon tunggu...
Jabal N.
Jabal N. Mohon Tunggu... Mahasiswa

Masih berstatus sebagai mahasiswa hukum disalah satu Universitas swasta di Yogyakarta. Dia bisa ditemukan di @IG: bal_jabal/sajak aksara

Selanjutnya

Tutup

Sehatdangaya

Ini Tips agar Stamina Tetap Prima Saat Berpuasa

7 Mei 2019   15:39 Diperbarui: 7 Mei 2019   15:56 0 0 0 Mohon Tunggu...
Ini Tips agar Stamina Tetap Prima Saat Berpuasa
pixabay.com

Untuk seoarang muslim atau muslimah, melakukan ibadah puasa pada bulan Ramadhan adalah kewajiban yang harus dipenuhi. Selama puasa itu juga umat muslim ditempah selama sebulan lamanya untuk meningkatkan iman dan takwa seorang muslim.

Ketika berpuasa tidak sedikit yang merasakan kelelahan dan rasa lemas selama melakukan aktivitas di bulan suci Ramadhan ini. Dan hal ini akan menjadi penghambat kinerja di tempat kerja. Maka dari itu, menjaga tubuh dan stamina agar tetap prima itu sangat penting.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar stamina tubuh tetap prima. Mungkin cara salah satu dibawah akan membantu tubuh tetap semangat beraktivitas walau sedang berpuasa sekalipun.

1. Perbanyak Minum Air Putih Ketika Sahur

Air putih memang menjadi penetralisir makanan berminyak didalam tubuh. Dan ketika berpuasa, seseorang akan rentan terkena dehidrasi yang dapat mengakibatkan rasa lemas. Dengan meminum air putih yang banyak ketika sahur akan membantu mengurangi rasa dehidrasi ketika berpuasa.

2. Jangan Tidur Setelah Sahur

Ketika tubuh ditidurkan ketika sehabis sahur akan membuat tubuh merasa lelah ketika terbangun nanti. Daripada tidur mending melakukan olahraga kecil. Selain itu tidur dipagi hari juga dapat membuat metabolisme tubuh terganggu.

3. Perbanyak Makan Makanan Berserat

Ketika berpuasa tubuh akan banyak berkurang energi dan secara tida langsung akan membuat badan merasa lemas. Makanya perbanyak makan makanan berserat dan juga bergizi. Dengan makanan berserat akan menyimpan banyak energi ketika berpuasa seharian. Maka perbanyaklah mengonsumsi buah kurma, sebab kurma banyak mengandung serat.

 4. Sediakan Buah Yang Mengandung Vitamin C

ketika berpuasa, pola makan dan tidur akan berbeda dari biasanya. Dan tubuh secara tidak langsung akan mengkondisikan dengan keadaan. Maka dengan memakan buah yang mengandung vitamin c akan membantu tubuh dalam pengaturan pola makan yang berbeda.

5. Jangan Lupa Sahur

Dan yang terakhir adalah sahur. Ketika seseorang tidak makan sahur, maka bisa dipastikan pada saat berpuasa akan merasa lemas dan lapar seharian. Sebab tidak ada energi yang masuk kedalam tubuh. Selain itu sahur juga menjadi anjuran Rasulullah ketiak sebelum melaksanakan puasa.

Pada dasarnya buat tubuh agar selalu dalam keadaan fit dan prima. Walau telah melakukan hal diatas, kalau masih saja bermalas malasan. Bisa dipastikan semuanya sia sia saja.