Mohon tunggu...
Jonathan Festly Samuel
Jonathan Festly Samuel Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Masih dibangku kuliah saat menulis bio ini. Berharap bisa keterusan menulis di laman ini

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Wikilatih: Belajar Bebaskan Informasi

14 November 2018   11:01 Diperbarui: 14 November 2018   11:19 0 0 0 Mohon Tunggu...
Wikilatih: Belajar Bebaskan Informasi
Wikilatih UAJY

Komunitas Wikimedia Yogyakarta menggelar pelatihan cara penulisan artikel Wikipedia di Universitas Atma Jaya Yogyakarta Selasa (13/11).  Pelatihan ini merupakan program komunitas Wikimedia yang bernama Wikilatih

Tujuannya adalah agar mahasiswa mengetahui kaidah penulisan artikel Wikipedia yang baik dan benar. Sehingga jika mahasiswa ingin membagikan informasi di Wikipedia tidak terkena penghapusan cepat oleh administrator Wikipedia.

 "Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan informasi"

Wikimedia merupakan organisasi atau komunitas yang bersifat non-profit. Komunitas ini tidak berdiri dibawah Wikipedia secara langsung, melainkan perkumpulan orang-orang lokal di suatu wilayah yang terhubung melalui forum di Wikipedia.

Di Indonesia, Wikimedia sudah berdiri sejak tahun 2008 oleh 19 kontributor wikipedia berbahasa Indonesia. Wikimedia yang ada disetiap daerah di Indonesia merupakan mitra dari Wikimedia Foundation yang berpusat di Amerika Serikat.

Wikimedia bertujuan mendorong pertumbuhan, perkembangan, dan penyebaran pengetahuan dalam Bahasa Indonesia, dan bahasa lain yang dituturkan di Indonesia secara bebas dan gratis.

"Informasi harus dibebaskan agar setiap orang bisa memiliki literasi yang sama"

Sesuai dengan namanya, Wikipedia merupakan sebuah ensiklopedia yang berisi informasi-informasi mengenai banyak hal dalam berbagai bahasa. Setiap konten artikel yang dimuat di Wikipedia dapat digunakan dan disunting oleh semua orang yang memiliki aku  di Wikipedia.

Informasi yang dimuat harus ditulis dengan sudut pandang yang netral. Lisensinya yang terbuka sehingga bisa dimanfaatkan oleh siapa saja membawa tuntutan bahwa Wikipedia haruslah lepas dari kepentingan kelompok.