Digital

5 Seluk Beluk di Balik Sejarah Internet

9 September 2018   21:13 Diperbarui: 10 September 2018   07:25 294 0 0
5 Seluk Beluk di Balik Sejarah Internet
Mobilitas Internet

Konektivitas, Mobilitas, dan Interaktivitas yang tinggi disebabkan kemajuan teknologi, termasuk kemajuan Internet. Hari ini, internet hadir meningkatkan efisiensi dan produktivitas hampir dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Namun, kemudahan teknologi yang dapat kita nikmati tidak datang dengan sekejap. Berikut ini adalah fakta sejarah internet yang dirangkum dalam 5 Seluk beluk dibalik sejarah internet yang sedang kita nikmati.

  • Dirancang di dua tempat berjarak lebih dari 500 km

Percobaan pertama diujicoba dari dua laboratorium yang tidak berdekatan Yang pertama bertempat di University of California in Los Angeles (UCLA). Dan komputer kedua berada di Stanford Research Institute (SRI). Kedua tempat ini berjarak sekitar 352 Mil. Penelitian dilakukan oleh Leonard Kleinrock dan Charley Kline.

  • "l" dan "o", Pesan pertama yang dikirim melalui internet

29 Oktober 1969 adalah malam pertama internet berhasil dikirimkan kejaringan ARPANET. Namun baru saja akan hendak menulis pesan, komputer yang digunakan Kline mengalami hambatan dan perlu dihidupkan kembali. Sehingga pesan yang dikirimkan hanya terdiri dari dua huruf, yakni "l" dan "o" atau "Lo" yang kemudian menjadi singkatan dari kata "Halo".

Packet Switching
Packet Switching

Circuit Switching
Circuit Switching

  • Packet Switching, metode minim lag

Packet Switching adalah metode jaringan yang digunakan internet sampai saat ini. Sistem yang terkenal pada saat itu adalah Circuit Switching digunakan pada sistem jaringan telepon pada saat itu. Sedangkan Packet Switching berkerja dengan cara mengemas data yang akan dikirim dalam satuan byte, kemudian dikirimkan ke dalam jaringan dan diterima oleh perangkat lain yang terdekat dari pengirim. Sistem yang ditemukan Paul Baran pada 1960 ini dikembangkan oleh Leonard Kleinrock dan digunakan pada ARPANET.

  • TCP/IP, menyamakan bahasa dalam Jaringan

Sistem pakcet switching memungkinkan setiap orang didalam jaringan ARPANET, untuk membentuk kemasan datanya masing-masing. Setiap komputer membentuk standar masing-masing dan menerjemahkan standar tersebut setiap akan berkomunikasi tentu memakan waktu. Oleh karena itu dibentuklah suatu standar kemasan data yang memungkinkan semua pengguna berjaringan dengan bahasa yang sama, yaitu TCP (Transmission Control Protocol). Dengan adanya TCP, setiap pengguna akan mendapatkan IP (Internet Protocol) yang juga menjadi identitas mereka didalam jaringan.

arpanet-5b95bd496ddcae12ce0b2de4.jpg
arpanet-5b95bd496ddcae12ce0b2de4.jpg

  • Internet Pertama untuk Jaringan Militer

Pertama kali internet dirancang dalam bentuk ARPANET. Rancangan jaringan dibuat untuk menjaga memastikan bahwa Amerika satu langkah lebih maju dalam hal teknologi dibandingkan Uni Soviet, yang sebelumnya sudah meluncurkan wahana luar angkasa Sputnik. Akhirnya ARPANET dipecah menjadi MILNET dan ARPANET yang baru. Agar pengembangan ARPANET bisa dilakukan lebih leluasa oleh universitas-universitas. Sedangkan MILNET fungsikan sepenuhnya untuk mendukung militer Amerika Serikat.

Itulah 5 seluk beluk dibalik sejarah internet yang perlu kamu ketahui, menarik bukan? Silahkan komentar dibawah ini jika kamu tidak setuju atau mengetahui fakta-fakta menarik lainnya. Sampai jumpa diartikel berikutnya!

Sumber:
https://theconversation.com/how-the-internet-was-born-a-stuttered-hello-6790
https://www.youtube.com/watch?v=1UStbvRnwmQ