Mohon tunggu...
Izzatus Sholehah
Izzatus Sholehah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Semoga sukses di masa depan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Politik Hukum Islam yang Mempengaruhi Suatu Aturan Hukum di Indonesia

17 Oktober 2021   19:23 Diperbarui: 17 Oktober 2021   19:27 58 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

"Politik hukum islam yang mempengaruhi suatu aturan hukum di Indonesia"

Politik aturan merupakan suatu pernyataan kehendak penguasa negara tentang aturan yg akan berlaku diwilayahnya, & tentang arah perkembangan aturan yg dibangun.

Terdapat juga Objek kajian aturan Islam yaitu aturan atau anggaran yg sinkron menggunakan ketentuan dasar agama Islam yg mengandung kebiasaan moral & kebiasaan aturan untuk kemaslahatan manusia, untuk mensinkron kan menggunakan Maqoshid Syari'ah yg merupakan pesan primer sekaligus substansi aturan Islam.

Dari sudut historis & yuridis formal, eksistensi negara Republik  Indonesia merupakan sebuah negara yg pernah dijajah sang Belanda, 

Inggris & Jepang. Masing-masing membawa jenis aturan & selang saat yg tidak sama-beda, & karena itu sudah & akan memberikan  akibat yg tidak sama pula. Dari sinilah kita akan bisa memahami adanya pluralitas sistem aturan yg berlaku pada Indonesia menjadi sebuah  konsekuensi.

Dan mengenai efek aturan Islam pada politik aturan pada Indonesia, isu  fundamental yg sebagai perhatian merupakan bagaimana kedudukan aturan Islam pada kebijakan dasar yg dilakukan penyelenggara negara pada bidang aturan yg akan sedang & sudah berlaku yg bersumber berdasarkan nilai-nilai yg berlaku & berkembang pada mashar'at buat mencapai tujuan negara sebagaimana ditetapkan pada pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. 

Politik aturan nasional  ini mempunyai tujuan yg mencakup 2 aspek yaitu; pertama menjadi sarana  yg bisa digunakan sang pemerintah buat membangun sistem aturan  nasional yg dikehendaki & ke 2 sistem aturan nasional diwujudkan buat mencapai impian nasional yg lebih luas. Sehubungan menggunakan itu maka kedudukan aturan Islam mempunyai efek yg akbar pada politik aturan Indonesia pada rangka tetapkan sistem aturan nasional yg berlaku, 

lantaran mashar'at Indonesia sebagian akbar menganut kepercayaan Islam yg selalu bersentuhan kehidupannya menggunakan kaidah-kaidah Islam baik pada aturan penekanan goresan pena ini merupakan tentang pengaturan aturan perdata Islam tertentu  pada pembentukan sistem aturan nasional, & bentuk peraturan perundangundangan yg dibuat dari aturan Islam pada sistem aturan.

Proses "pengakraban" bangsa ini menggunakan aturan Islam yg selama ini sudah dilakukan, wajib terus dijalani menggunakan kesabaran & kebijaksanaan.  

Disamping tentu saja upaya-upaya penguatan terhadap kekuatan & daya  tawar politis umat Islam perlu ditingkatkan. Sebab nir bisa dipungkiri  bahwa pada sistem demokrasi, daya tawar politis sebagai sangat menentukan sukses-tidaknya suatu tujuan & cita-cita.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan