Mohon tunggu...
Izzatul Firdaus
Izzatul Firdaus Mohon Tunggu... Masih belajar

Fine☺️

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Waaah Ternyata Berbahaya Jika Kita Tidak Bisa Memilih!

26 September 2020   07:14 Diperbarui: 26 September 2020   07:27 14 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Waaah Ternyata Berbahaya Jika Kita Tidak Bisa Memilih!
gurugeografi.id

Kita hidup di erah milenial zaman yang serba canggih karna ada nya pengaruh globalisasi. Berbicara tentang globalisasi apa sih pengertian globalisasi itu??

Globalisasi adalah intensifikasi sosial secara mendunia, sehingga menghubungkan antara kejadian yang terjadi di lokasi lain nya serta menyebabkan terjadi nya perubahan pada kedua nya. Karna ada nya globalisasi kita bisa melakukan sesuatu hal dengan lebih muda tanpa ada nya batas wilayah. Kita tetap bisa melakukan interaksi dengan saudara kita walaupun jarak nya sejauh sabang hingga merauke melalui sambungan via telpon, vidio call, atau chatting di whatssapp, kita bisa melangsungkan rapat secara online sekolah online atau pun pertemuan-pertemuan online yang lain nya melalui via zoom, google meet ataupun aplikasi yang lain nya. Bukan hanya mempunyai sisi positif globalisasi juga mempunyai sisi negatif bagi masyarakat Indonesia khusus pada moral tiap individu nya.

Bergaya hidup kebarat-baratan atau yang viral dengan istilah weternisasi nampak nya sudah menjadi tradisi baru untuk masyarakat indonesia yang tanpa di sadari dapat melunturkan jati diri bangsa misalnya marak nya subbudaya menyimpang  seperti punk  merupakan salah satu bentuk hilang nya jati diri bangsa, bukan hanya jadi diri bangsa yang luntur westernisasi juga mamapu meracuni perilaku masyarakat melalui tayangan televisi, majalah, internet atau pun yanb lain nya.

Sekarang masyarakat juga menggunakan bahasa asing dari pada menggunakan  bahasa dalam negeri bahkan sudah marak sekali masyarakat yang menggunakan pakaian yang terbuka karna meniru pakaian dari orang barat, meninum minuman keras bukan lah sebuah hal yang bermanfaat yang tidak sesuai dengan  nilai dan norma agama  bahkan sangat tidak bagus untuk kesehatan namun nyatanya sekarang banyak sekali masyrakat yang gemar bahkan candu untuk mengkonsumsi minuman keras.

Hedonisme, merupakan sebuah sikap yang mengutamakan kehidupan duniawi, kehidupan orang yang menganut paham hedonisme di dominasi oleh perilaku bersenang-senang setiap hari . mereka bahkan tidak mau bersusah payah untuk mewujudkan apa yang mereka ingin kan di dalam hari-hari mereka hanya akan ada kata senang,,senang,,dan terus senangg hedonisme seperti sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat, bahkan bukan hanya dari kalangan masyarakat kota namun juga masyarakat desa.

Seperti apa yang telah di tayangkan oleh media yang mengungkap bahwa kehidupan hedonisme para remaja di daerah desa seperti mabuk-mabukan , judi dan tidak mau bekerja.  Kehidupan yang memprioritaskan kesenangan memang tampak menyenangkan tetapi fitrah manusia sebagai makhluk tuhan tidak dapat di pungkiri. Hidup bukan hanya untuk duniawi tapi hidup juga untuk akhirat jadi imbangi ke dua nya dengan baik.

 Konsumerisme, masyarakat tidak akan pernah lepas dengan yang nama nya konsumsi, apalagi sekarang iklan di mana-mana dapat mendorong masyarakat untuk ingin membeli dan terus membeli bagi masyarakat kota yang pasti nya menjadi pusat keramaian, cenderung menjadi seorang konsumeris me, memgkonsumsi sesuatu yang tidak pada kebutuhan nya bisa di katakan kedalam gaya hidup yang konsumtif.

Berapa beranggapan bahwa masyarakat modern di pandang harus selalu mengikuti perkembangan terkini dan tidak boleh ketinggalan zaman dari mulai segi pakaian , kendaraan, makanan, gadget atau pun yang lain nya. Mereka rela mengeluarkan uang banyak hanya untuk mendapatkan barang bermerk, meskipun ada barang yang harga nya lebih murah namun dengan kualitas yang setara.

Hal ini juga bisa membuat banyak nya tindakan kriminal seperti pencopetan, penodongan, begal, pencurian, dan lain-lain karna tutuntan untuk etrus membeli barang mahal dan tidak sesuai dengan kebutuhan sedangkan mereka berada dalam suatu keluarga yang pas-pasan namun. Hal ini bisa terjadi karna mudah nya media masa menyiarkan iklan-iklan  sedangkan keinginan tidak dapat di tahan.

Modernisasi, adalah pergeseran sikap, karakter, dan perilaku dari masyarakat sebagai upaya menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.  Pada zaman sekarang yang kuno akan tertinggal dengan yang modern  Modernisasi memang mengarahkan masyarakat menuju kehidupan yang lebih efektif dan efisien tetapi terkadang modernisasi masyarakat semakin jauh dari ajaran agama. Kita harus bisa mengaplikasikan modernisasi dengan keadaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN