Mohon tunggu...
IzzatiRahmah
IzzatiRahmah Mohon Tunggu... Guru - Calon Dokter Psikolog

What happen to my pet if i die

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Psikologi Remaja

22 Januari 2022   00:50 Diperbarui: 22 Januari 2022   00:57 112 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PSIKOLOGI REMAJA
By. Izzati Rahmah

Pada usia 12 sampai dengan 20 tahun, perkembangan otak mencapai pada titik yang sempurna secara fungisonal, kemampuan berfikir bagi remaja pun juga di pengaruhi oleh hal ini, dan dapat di artikan sebagai berikut :

1. Anak anak remaja mulai bisa berintropeksi dan mengenal diri sendiri, memahami masalah dan solusi yang dapat menyelesaikan masalah tersebut.

2. Pada usia ini anak remaja juga mampu membuat strategi, membuat sebuah keputusan yang tidak merugikan, menelaah rencana-rencana dan lain lain.

3. Secara kognitif, anak mampu berfikir secara logistik dan berfikir kritis tentang gagasan abstrak, atau gagasan asal.

4. Sudah mampu untuk mengenal jati diri dan lingkungan positif atau pun negatif bagi dirinya maupun orang di sekitarnya. Muncul nya kemampuan berfikir secara nalar dan secara ilmiah.

5. Wawasan berfikir nya pun juga mulai meluas mengikuti religi, moral, attitude, keadilan, dan lain lain.

Anak remaja yang berkembang di lingkungan yang positif/kondusif memiliki perubahan-perubahan yang cenderung mengarah pada hal berikut : 

1. Anak cenderung mampu mengendalikan emosinya, tidak mudah tersinggung, ramah, tidak agresif, mampu menghadapi kegagalan dengan bijak, tidak mudah stress, perasaan cenderung lebih optimis.

2. Adekuasi atau ketepatan emosi, dimana remaja pada usia ini mampu meletakkan posisi dia bisa melakukan hal yang positif bagi orang lain juga, dan bisa memberikan rasa cinta yang baik, kasih sayang pada orang, sifat menghormati/respect, suka membantu, tidak egois, mampu menghargai orang lain.

Berbeda dengan anak yang tinggal di lingkungan yang tidak kondusif atau lingkungan tidak baik yang merubah pribadi remaja menjadi negatif, diantaranya :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan