Mohon tunggu...
Izzah Asfarina
Izzah Asfarina Mohon Tunggu... Berubah menjadi seseorang yang lebih baik

من جذوجذ

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pengantar Studi Islam

16 Desember 2019   14:22 Diperbarui: 16 Desember 2019   14:22 9 0 0 Mohon Tunggu...

A. Pengertian pengantar studi Islam

 Studi Islam atau bisa juga di sebut dengan kajian Islam di definisikan secara Etimologis dan Terminologi. Studi Islam secara etimologis merupakan terjemahan dari istilah dalam bahasa arab, atau islamic studies dalam istilah bahasa inggrisnya. Dan secara sederhana dapat menyatakan sebagai suatu usaha untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan agama islam. Adapun Secara Terminologi studi islam di definisikan sebagai usaha untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan agama islam.

      Studi Islam ini meliputi kajian agama Islam dan aspek-aspek keislaman masyarakat dan budaya Muslim, atau suatu dasar perbedaan para pendapat.

     B. Ruang lingkup studi Islam 

Tiga pola kerja yang berbeda yang masuk pada ruang lingkup studi islam

  1. Pada umumnya kajian normatif agama islam yang di kembangkan oleh sarjana muslim untuk memperoleh ilmu pengetahuan atas kebenaran agama islam. Kajian ini mencakup tentang kajian-kajian islam seperti, Tafsir Al Quran, ilmu hadist, ilmu fiqih dan ilmu kalam. Biasanya kajian ini berkembang di masjid, sekolah agama dan di pesantren.
  2. Kajian Normatif agama islam,  biasanya kajian ini di lakukan untuk universitas-universitas dalam bentuk penggalian yang lebih mendalam apa yang telah di kaji oleh islam.
  3. Kajian normatif atau berbagai aspek keislaman yang berkaitan dengan kultur dan masyarakat muslim. Dalam lingkup yang lebih luas kajian ini tidak secara langsung terkait dengan islam sebagai suatu norma.

C. Islam sebagai objektif

Islam pada dasarnya mengajarkan kepada para ummatnya sebuah kehidupan yang dinamis serta progresif saling menghormati dan menghargai satu sama lain,   seperti di dalam kitab ta'lim di jelaskan bahwasannya "salah satu cara menghormati ilmu adalah memuliakan kitab".

zha28

VIDEO PILIHAN