Mohon tunggu...
Abdul Izzah
Abdul Izzah Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Gaya Kepemimpinan Bill Gates

15 April 2016   21:13 Diperbarui: 15 April 2016   21:31 3111 1 0 Mohon Tunggu...

[caption caption="Ilustrasi: commons.wikimedia.org"][/caption]Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Gaya kepemimpinan seorang pemimpin akan sangat mempengaruhi organisasi yang dipimpinnya. Seorang pemimpin dengan gaya kepemimpinan yang baik tentu akan dihormati oleh orang-orang yang dipimpinnya. Tidak hanya itu, seorang pemimpin dengan gaya kepemimpinan yang baik juga pasti akan mampu membawa organisasi yang dipimpinnya ke arah yang lebih baik. Salah satu contoh seorang pemimpin yang baik adalah Bill Gates. Bill Gates merupakan pendiri perusahaan Microsoft yang hingga saat ini masih menjadi sebuah perusahaan yang terbesar di dunia. Artikel ini akan sedikit membahas tentang bagaimana dengan gaya kepemimpinannya, Bill Gates mampu membuat Microsoft menjadi sebuah perusahaan yang sangat disegani di dunia.

Berpikir ke depan

Bill Gates tidak terpaku pada apa yang terjadi saat ini. Ia selalu berpikir apa yang akan menjadi tren di masa depan. Seperti bagaimana ia menyadari pentingnya internet dan mengubah fokus pengembangan software Microsoft untuk internet.

Tetap Fokus

Sepanjang karirnya , Bill Gates hanya berfokus pada hal yang sangat ia kuasai yaitu software. Dia terus berusaha agar dapat menguasai pasar software. Dia sadar apabila ia beralih hal yang tidak ia kuasai, maka hal tersebut akan beresiko menghancurkan segalanya.

Berpikir Besar

Bill Gates adalah seseorang yang memiliki visi yang besar. Dia mengejar mimpinya dengan keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi pada dirinya dan timnya. Hal ini membuat ia sukses pada berbagai hal yang dikerjakannya.

Hasrat

Bill Gates selalu melakukan pekerjaannya dengan semangat dan keseriusan. Dia juga selalu berinovasi, menemukan sesuatu yang baru. Sesuatu sekecil apapun apabila penting baginya, maka ia akan mengorbankan waktu dan tenaga untuk hal tersebut. Hal inilah yang membuat Microsoft terus berinovasi memberikan yang terbaik untuk penggunanya.

Selalu Belajar

Mesikpun Bill Gates drop out dari sekolahnya, ia berhasil menjadi salah satu orang tersukses di dunia. Hal ini membuktikan bahwa pengetahuan yang kita dapat di sekolah sangatlah terbatas. Meskipun pendidikan formal adalah sesuatu yang penting, namun kita juga harus sadar bahwa pengetahuan tidaklah terbatas. Bill Gates selalu belajar untuk menemukan sesuatu yang baru sehingga ia dapat memberikan hal yang lebih baik meskipun dia telah berhasil mendominasi pasar software. 

Peduli Terhadap Sesama

Bill Gates merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Meskipun begitu ia tetap mau menyumbangkan sebagian hartanya untuk kemanusiaan. Dia menunjukkan keberhasilan bukanlah sesuatu yang sekedar untuk dibanggakan, namun juga bagaimana dengan keberhasilan kita dapat membantu sesame untuk menuju dunia yang lebih baik.

Gaya kepemimpinan Bill Gates sering kali digambarkan sebagai transformasional dan banyak dijadikan contoh kepemimpinan oleh banyak orang. Gaya kepemimpinan Bill Gates juga menunjukkan bahwa dengan kepribadian yang baik kita dapat menjadi pemimpin yang berhasil.

Sumber: 1, 2, 3, 4, 5

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x