Mohon tunggu...
Izmi NurAzizah
Izmi NurAzizah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Hikmah dan Makna dalam Menjalankan Puasa Ramadhan

22 April 2021   14:08 Diperbarui: 22 April 2021   14:16 186 26 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan,ampunan dari Allah SWT.Puasa ramadhan dilakukan satu tahun sekali dengan berjumlah 29  hingga 30 hari .Puasa ramadhan  saat ini memang berbeda dengan tahun-tahun kemarin karena dibulan ini terjadinya musibah covid-19.Akan tetapi semua umat harus menjalankan dengan penuh keikhlasan dan penuh dengan kesemangatan.

      Niat dan doa di bulan ramadhan peran penting dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan karena niat dilakukan sebelum menjalankan ibadah puasa ramadhan.Niat doa puasa ramadhan diucapkan sebelum fajar telah tiba.

        Dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan tidak hanya sekedar menahan lapar dan haus tetapi dapat pula menjalankan amalan ibadah seperti halnya membaca Al-Qur,an.shalat tarawih ,bersedekah dan menghindari dari perbuatan yang tidak diinginkan. Tentunya hal ini untuk meningkatkan kita dalam ketakwaan seorang muslim.

         Dalam kitab Subul al-salam menjelaskan "Menahan diri dari makan,mium,jima'(bercampur dengan istri)dan lain-lain yang telah diperintahkan kepada kita untuk menahannya ,sepanjang hari menurut cara yang disyariatkan.Demikian pula diperintahkan untuk menahan diri dari ucapan yang diharamkan atau dimakruhkan,karena ada hadis-hadis yang melarang hal itu semua  sudah berdasarkan waktu dan syarat-syarat yang telah ditetapkan".

         Bulan ramadhan bahwa bulan yang paling mulia sehingga bulan ramadhan ini banyak menyimpan berbagai keutamaan mengumpulkan bekal untuk digunakan di hari kelak dan memperbanyak amal ibadah dengan niat yang penuh keikhlasan. Sehingga dalam menjalankan ibadah dengan penuh keikhlasan maka akan mendapatkan sebuah makna dan hikmah bagi umat islam yang  sedang menjalankan ibadah puasa ramadhan.

       5 Hal  Makna dan Hikmah yang di dapatkan dalam menjalankan puasa ramadhan

  • Menambah ketakwaan
  • Puasa mempunyai makna untuk menambahkan ketakwaan kepada Allah SWT.Ibadah puasa dibulan ramadhan ini menjadikan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

  • Melatih kepedulian
  • Melatih kepedulian kepada sesama manusia .Dengan merasakan lapar tidak makan seharian ,sehingga seseorang berempati dan peka pada orang yang kelaparan. Sehingga,dapat menumbuhkan rasa ingin saling menolong atau membantu.

  • Qana,ah
  • Qana,ah yaitu rela atau menerima takdir yang diberikan Allah.Dengan melakukan puasa muncul rasa bersyukur atas segala apa yang diberikan Allah.

  • Mengontrol Emosi
  • Puasa harus menahan banyak bersabar .Maka dari itu,setiap orang untuk dapat mengontrol emosi dari puasa selama sebulan penuh.

  • Sarana Silaturahmi
  • Puasa Ramadhan menjalin silaturahmi dengan kerabat,keluarga,dan teman maupun orang-orang muslim lainnya.

   Maka manfaatkanlah bulan ramadhan ini dengan sebaik-baiknya .Karena bulan ini sangat mulia sehingga pahala yang diberikan Allah berbeda dengan seperti hari biasa .Meskipun dibulan ramadhan tahun ini terkena covid-19 kita harus tetap menjalankan ibadah puasa dengan penuh semangat .Karena bulan ini hanya dilaksanakan dalam setahun sekali.Dan berpuasa membentuk sikap jujur dan displin .Semoga bulan puasa ramadhan ini menjadi puasa yang terbaik untuik kita semua .Sehingga kita menjadi hamba allah yang beriman.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan