Mohon tunggu...
Izadatul Maulidiyah
Izadatul Maulidiyah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Usaha tidak akan mengkhianati hasil

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Area Wernicke si Area Pemahaman Bahasa

9 Mei 2021   19:51 Diperbarui: 9 Mei 2021   19:56 42 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Area Wernicke si Area Pemahaman Bahasa
verywell.com

"Proses berkomunikasi dan berbahasa pada manusia akan melibatkan proses yang kompleks dengan macam-macam area di otak manusia"

Kalian pernah mendengar Area Wernicke? Area Wernicke ini merupakan area yang ada di otak manusia dan berkaitan dengan proses pemahaman bahasa pada manusia. Biasanya jika telah terjadi kerusakan pada area wernicke nantinya akan menimbulkan masalah kesehatan atau medis yakni gangguan afasia wernicke. Sebelum itu, mari kita mengenal lebih jauh dulu tentang area wernicke beserta fungsinya.

Area wernicke sendiri merupakan area yang berada di otak manusia yang memiliki peran sangat penting dalam proses pemahaman bahasa pada manusia. Area wernicke ini terletak pada bagian otak manusia yakni di lobus temporal atau lebih mudahnya terletak di sebelah kiri otak manusia. Akan tetapi saat ini masih menjadi sebuah perdebatan pada penelitian tentang dimana letak sesungguhnya area wernicke tersebut.

Area wernicke memiliki hubungan erat dengan area broca pada otak manusia. Jika area wernicke tadi berkaitan dengan pemahaman bahasa, area broca lebih berkaitan dengan proses produksi kata-kata. Area wernicke dan area broca ini masing-masing memiliki kaitan dengan bahasa meskipun berbeda fungsi.

Proses dalam komunikasi manusia serta berbahasa akan melibatkan berbagai area serta bagian fungsi otak lainnya. Jika terjadi gangguan kerusakan pada bagian otak atau area tertentu, nantinya akan mengarah pada masalah serius seperti gangguan ketika melakukan komunikasi dengan orang lain. Seperti bagian otak yang lainnya, area wernicke memiliki resiko tinggi untuk terjadinya kerusakan. Mengapa begitu? karena area wernicke ini adalah area yang paling berkaitan dengan komunikasi.

Gangguan yang Terjadi Pada Area Wernicke

Gangguan ini disebut dengan Afasia Wernicke, karena menyerang pada area wernicke manusia. Gangguan afasia wernicke ini membuat seseorang yang mengalaminya masih bisa berbicara fasih dan juga begitu lancar, akan tetapi apa yang penderita ucapkan tidak ada maknanya sama sekali istilahnya ngelantur. Gangguan afasia wernicke ini memiliki beberapa sebutan, ada yang mengenalnya dengan sebutan afasia sensori serta afasia reseptif. Beberapa gejala yang dapat ditimbulkan dari gangguan afasia wernicke, antara lain :

  • Ketika mengucapkan kata-kata atau kalimat tidak ada maknanya dan tidak logis
  • Penderita tidak bisa menyadari jika ucapan mereka ada kesalahan
  • Penderita selalu kesulitan saat akan mengulang beberapa gabungan kata atau frasa
  • Penderita selalu menambah kosa kata baru ketika ia mengulangi ucapan seseorang yang ia dengarkan
  • Penderita selalu memotong pembicaraan orang lain padahal belum selesai, ditambah lagi menyela dengan begitu cepat

Tidak hanya gejala saja yang ditimbulkan pada orang yang menderita gangguan afasia wernicke, beberapa penderita juga cenderung mempunyai ciri khusus yaitu :

  • Penderita kesulitan dalam membaca dan menulis kata
  • Penderita kesulitan untuk memahami bahasa dari lisan
  • Penderita cenderung unggul dalam memahami konteks visual dari pada bahasa dari lisan serta dari tulisan
  • Penderita cenderung lebih unggul dalam mempertahankan kemampuan kognitifnya dibandingkan dengan segala hal yang berhubungan dnegan bahasa

Berbeda dengan penyakit Alzheimer yang mengakibatkan seseorang mengalami penurunan fungsi otaknya, gangguan afasia lebih kepada gangguan dalam berbahasa dan bisa mengakibatkan orang yang menderitanya kesulitan ketika memahami dan menciptakan bahasa dari lisan serta dari tulisan. Setelah melakukan penelitian lebih lanjut serta mengamati beberapa gejala dari afasia wernicke pada penderita, beberapa kondisi medis dijadikan sebagai penyebab dari afasia wernicke yaitu tumor, infeksi pada otak, trauma pada kepala serta gangguan neuro atau saraf lainnya. Terjadinya kerusakan pada area wernicke di otak juga dapat menyebabkan afasia timbul, biasanya orang yang menderita stroke akan dikaitkan dengan afasia wernicke karena stroke akan menghambat aliran darah yang akan menuju otak. Ketika aliran darah tersebut tidak mencapai otak yakni pada area wernicke, sel-sel otak tidak bisa bekerja secara normal dan akhirnya fungsinya akan mati lalu terjadilah afasia wernicke.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN