Mohon tunggu...
Izadatul Maulidiyah
Izadatul Maulidiyah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Usaha tidak akan mengkhianati hasil

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Menelaah Tujuan Dilakukannya Evaluasi Pembelajaran

14 Desember 2020   21:31 Diperbarui: 14 Desember 2020   21:44 395
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.coe.int/en/web/eurimages/-/external-evaluation

“Pembelajaran adalah investasi besar dan utama bagi bangsa yang sedang berkembang dan giat membangun negaranya”

Pengembangan pembelajaran tidak terlepas dari tanggung jawab guru atau pendidik. Pendidik tersebut pasti akan membagikan ilmu yang ia miliki dengan materi ajar yang sudah ada. Tidak lupa memperhatikan model metode pengajaran yang mudah diterima dan dimengerti oleh siswa, sehingga dapat mencapai tujuan dengan mudah dan sesuai dengan harapan. Proses pembelajaran guru wajib melakukan kegiatan yang disebut dengan Evaluasi pada akhir pembelajaran. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi tujuan yang akan dicapai tadi.

Evaluasi adalah bagian dari suatu proses dalam pembelajaran yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar mengajar secara keseluruhannya. Pelaksanaan evaluasi ini sangat penting di akhir pembelajaran, karena evaluasi menjadi alat ukur ataupun proses untuk mengetahui bagaimana hasil pembelajaran yang telah dilakukan juga bagaimana tingkat keberhasilan yang telah dicapai oleh siswa terhadap materi yang sudah disampaikan pendidik. Tujuan pembelajaran akan terlihat lebih akurat setelah dilakukan evaluasi.

Sebagai program pembelajaran, evaluasi perlu dikembangkan lagi. Mengapa begitu? Karena hasil evaluasi tersebut bukan hanya berasal dari nilai hasil belajar siswa saja yang menjadi tumpuan, melainkan penilaian terhadap out put dan in put juga diperlukan. Faktor penting yang berfungsi untuk afektivitas dalam pembelajaran merupakan faktor evaluasi yang baik bagi proses belajar mengajar ataupun untuk hasil dari pembelajaran tersebut. Evaluasi adalah kegiatan dimana di dalamnya terdapat tempat pengumpulan fakta tentang proses pembelajaran yang dilakukan secara sistematis bertujuan untuk menetapkan apakah terjadi perubahan pada siswa setelah proses pembelajaran dan sejauh manakah perubahan itu berpengaruh pada kehidupan siswa.

“Keberhasilan program pembelajaran selalu dilihat dari hasil belajar yang telah dicapai peserta didik”

Program pembelajaran pada evaluasi membutuhkan data dari hasil pelaksanaan pembelajaran dan juga tingkat capaian materi yang telah disampaikan, untuk dapat mencapai tujuan dari adanya evaluasi tersebut. Kondisi tersebut tidak hanya dilakukan pada jenjang pendidikan tinggi, namun juga pendidikan dasar, pendidikan menengah dan atas. Keberhasilan programnya dilihat dari aspek pencapaian siswa dalam proses pembelajaran.

Tujuan Evaluasi

Evaluasi merupakan kegiatan yang mempunyai tujuan dan dilakukan dengan sengaja. Kegiatan tersebut dilakukan secara sadar oleh guru atau pendidik yang mempunyai tujuan untuk dapat memperoleh kepastian yang bulat tentang keberhasilan proses belajar peserta didik dan juga untuk memberikan masukan kritik pada guru sebagai pendidik tentang apa yang telah dilakukan peserta didik selama pembelajaran. Dengan kata lain, kegiatan evaluasi yang selalu dilakukan guru bertujuan untuk mengetahui materi pembelajaran yang diberikan pada peserta didik, apakah telah dikuasai atau belum mengerti. Selain itu, untuk mengetahui kegiatan pembelajaran yang dilakukan sudah sesuai dengan apa yang direncanakan apa masih perlu perbaikan lagi. Tujuan penilaian atau evaluasi di dalam proses pembelajaran yaitu :

  • Mengambil keputusan tentang hasil belajar mengajar
  • Dapat memahami siswa/peserta didik
  • Dapat memperbaiki dan juga mengembangkan program pembelajaran yang baik

Pengambilan keputusan dalam hasil belajar siswa adalah suatu kewajiban untuk guru sebagai pendidik supaya bisa mengetahui apakah siswa tersebut berhasil atau tidak dalam proses pembelajaran yang sedang terjadi. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi ketidakberhasilan proses pembelajaran tersebut, antara lain :

  • Kemampuan yang dimiliki siswa masih sangat rendah
  • Kualitas dari materi yang diberikan pada siswa untuk pembelajaran tidak sesuia dengan tingkatan usia anak-anak
  • Jumlah materi yang diberikan pada siswa terlalu banyak, sehingga tidak sesuai waktu yang diberikan untuk mempelajari materinya
  • Komponen dari proses pembelajaran masih kurang sesuai dengan tujuan awal yang telah ditetapkan oleh pendidik

Dengan demikian, tujuan dari evaluasi dapat disimpulkan yaitu untuk dapat memperbaiki cara, proses pembelajaran, penyelenggaraan perbaikan dan pengayaan bagi siswa. Serta menempatkan siwa dalam situasi  pembelajaran yang lebih sesuai lagi dengan menyesuaikan tingkat kemampuan yang dimiliki oleh anak. Sementara itu, tujuan lainnya yaitu untuk dapat memperbaiki dan lebih mendalami serta memperluas lagi materi pelajaran, dan yang terakhir untuk memberikan ataupun melaporkan pada orang tua sebagai pendidik di rumah tentang penentuan kenaikan kelas dan penentuan kelulusan siswa nantinya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun