Mohon tunggu...
Nien ChairunnisaSurbakti
Nien ChairunnisaSurbakti Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa yang Sedang menjalani kegiatan MBKM di UPI

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Meluruskan Pandangan terhadap Orang Medan

29 September 2022   15:59 Diperbarui: 29 September 2022   16:08 807
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Perempuan Karo mengenakan pakaian adat karo. dok. pribadi

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata Medan?

Banyak orang yang begitu mendengar kata Medan berpikir bah Medan itu identik dengan Suku Batak, dan Medan itu keras. padahal pada kenyataannya, Medan ga sekeras itu lo. Suku yang ada di Medan juga ada banyak suku, diantaranya ada Suku Batak Karo, Batak Toba, Batak Simalungun, Melayu dan Suku Suku lain. 

Saya terlahir dari keluarga Batak Karo, jadi saya merupakan perempuan bermarga Karo. Banyak yang beranggapan Bahwa Suku Batak hanya ada 1, jadi saat saya ke Jawa, begitu mendengar saya bermarga Batak Karo orang orang kerap menyapa dengan Horas. Saya juga sering diminta berbahasa Batak parahal saya sama sekali tidak mengerti bahasa Batak. 

Kepribadian orang Medan

Orang Medan terkenal dengan kepribadian yang keras, gampang marah, suka berjudi, dan juga suka bertengkar. Stereotip bahwa orang Medan keras. Banyak yang berpikiran bahwa orang Medan keras dan nada bicara yang kasar. Padahal jika diperhatikan lebih dalam lagi hal tersebut memang merupakan kepribadian orang Medan. Bukan karena keras dan kasar, tetanie itu. tergantung pada Pribadi masing masing.

smog saga, stereotipe negatif tentang orang Medan data berakhir.

MEJUAH JUAH!!
HORAS!!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun