Mohon tunggu...
Iyayas
Iyayas Mohon Tunggu... Belajar Nulis dari Forum Biar Makin Semangat!

Menulislah untuk mengekspresikan apa yang ada dalam diri. Semangat sampai titik terakhir.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Water Purifier Air Minum Kekinian? Emang Aman?

30 April 2021   10:46 Diperbarui: 30 April 2021   10:51 110 20 30 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Water Purifier Air Minum Kekinian? Emang Aman?
Source: sciencephoto.com

Ada cara minum baru yang diprediksi akan jadi kekinian dan bisa jadi salah satu cara minum yang trend di masa depan. Yaitu minum langsung air keran dengan penyaringan oleh water purifier. Tapi, emang bener aman? Mari kita bahas!

Apasih Water Purifier Itu?

Mungkin beberapa dari dari kita beratanya-tanya. Apa sih water purifier itu? Singkatnya, water purifier adalah pemurni air sehingga air dari keran bisa langsung di minum. Biasanya water purifier bisa kita temukan di beberapa taman di kota-kota besar baik diluar negeri maupun di Indonesia. Namun water purifier juga sudah bertransformasi sehingga bisa digunakan di rumah atau apartemen kita. Nah, karena sudah bisa dibawa ke tiap rumah inilah yang buat minum langsung dari keran dengan water purifier digadang-gadang akan jadi hal yang hitz dalam beberapa waktu kedepan.

Source: blibli.com
Source: blibli.com

Water purifier yang dikhususkan untuk rumah tangga juga punya jenis yang berbeda-beda. Dari mulai yang langsung ditempel di keran, sampai yang bentuknya sangan elegan serupa dispenser. Perbedaan jenis itu juga mempengaruhi teknologi didalamnya. Dari mulai standar penyaringan air sehingga air bisa diminum hingga ada yang menggunakan sinar uv yang ditujukan membunuh bakteri berukuran mikron yang terdapat dalam air.

Source: media.karousell.com
Source: media.karousell.com

Lalu, Apakah Minum Dari Water Purifier Aman?

Source: media.istockphoto.com
Source: media.istockphoto.com

Air keran yang diminum hasil dari water purifier bisa dipastikan aman untuk diminum dengan beberapa catatan bahwa air yang akan diminum tidak keruh dan tidak berbau. Bila air tidak keruh dan tidak berbau menujukkan bahwa water purifier berfungsi dengan baik dan air bisa langsung diminum.

Di Indonesia sendiri ada standar khusus mengenai air siap minum. Selain tidak berbau, air yang akan diminum sebaiknya memiliki TDS (Total Dissolved Solid) atau zat padat yang terlarut dalam air maksimal diangka 500. Sedangkan, bila air keran sudah melalui proses water purifier, biasanya memiliki TDS di bawah 50.

Ada beberapa faktor yang membuat air keran yang sebelumnya memiliki TDS tinggi bisa berkurang angka TDS-nya, yaitu sistem yang terdapat didalam water purifier. Ada beberapa sistem yang terkandung dalam water purifier salah satunya adalah sistem RO (Referse Osmosis). Dengan adanya sistem ini, air yang keluar memungkinkan lebih jernih karena sistem ini memungkinkan penyaringan hingga 0,0001 mikron yang artinya penyaringan dilakukan hingga bakteri maupun ion.

Lalu, mampukah water purifier jadi trend ke depan? Mari kita nantikan!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x