Mohon tunggu...
Iyayas
Iyayas Mohon Tunggu... Belajar Nulis dari Forum Biar Makin Semangat!

Menulislah untuk mengekspresikan apa yang ada dalam diri. Semangat sampai titik terakhir.

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Reverse Osmosis: Teknologi yang Bikin Air Keran Bisa Langsung Diminum!

15 April 2021   15:12 Diperbarui: 15 April 2021   15:14 81 17 33 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Reverse Osmosis: Teknologi yang Bikin Air Keran Bisa Langsung Diminum!
Source: freepik.com

Teknologi memang semakin mutakhir. Segala lini kehidupan kita saat ini mungkin ada saja teknologinya. Termasuk teknologi dalam menjernihkan air sehingga bisa langsung diminum.Berbicara tentang teknologi pemurni air sehingga bisa langsung di minum, taukah kamu yang dinamakan dengan "Reverse Osmosis"?

Reverse Osmosis atau yang biasa disebut RO adalah salah satu sistem atau teknologi pemurnian air yang memungkinkan air keran bisa langsung diminum. Sistem atau teknologi ini bisa  kamu temukan dengan mudah di dalam beberapa brand water purifier yang sudah ada di Indonesia.

Source: cdn11.bigcommerce.com
Source: cdn11.bigcommerce.com

Cara kerja sistem atau teknologi Reverse Osmosis setidaknya terbagi menjadi 4 cara, yaitu:

1. Filter pertama

Air yang masuk akan melewati beberapa filter terlebih dahulu sebelum masuk kedalam sistem Reverse Osmisis. Pada fase ini, umumnya air akan disaring partikel padatnya seperti rambut, debu, lumpur, tanah, pasir, dan lain sebagainya.

2. Filter Granular Carbon

Flter ini berfungsi guna menyaring senyawa organik yang mudah menguap, klorin, sedimen, dan lain sebagainya.

3. Filter Carbon Filter

Setelah melewati filter granular carbon, sir akan melewati carbon filter kembali untuk memastikan bahwa semua material yang harusnya tersaring di filterasi fase 2 tidak terbawa kembali atau tersaring dengan baik.

4. Reverse Osmosis

Setelahnya, barulah air masuk ke dalam sistem Reverse Osmosis dimana  pada fase ini, air akan masu ke dalam Reverse Osmosis Membrane dimana ini merupakan sebuah saringan yang mampu memisahkan partikel air bahkan dengan ukuran 0,0001 mikron.  

Source: cowayjkt.id
Source: cowayjkt.id

Ada beberapa zat yang bisa disaring oleh sistem atau teknologi Reverse Osmosis ini. Diantaranya pasir, rambut, ragi, bakteri, asap rokok, silika koloid, virus, pestisida, sampai ion logam yang berukuran mikrometer.

Dengan semua sistem yang disebutkan dan partikel atau zat apa saja yang dapat tersaring oleh siste atau teknologi RO ini membuat air yang melewati sistem ini dapat langsung diminum alias aman. Sistem ini dapat ditemukan di beberapa Water Purifier yang sudah dipasarkan di Indonesia.

VIDEO PILIHAN