Ada bebeberapa faktor bisnis yang dapat mempengaruhi strategi untuk mengimplementasikan SEO pada situs bisnis Anda. Faktor ini perlu Anda ketahui dan pahami agar strategi SEO dapat berjalan dengan baik dan efektif.
Faktor ini banyak yang tidak dipahami oleh para pebisnis online pemula. Mereka tidak memahami bahwa sesungguhnya ketika menerapkan SEO maka sebenarnya mereka sedang berinvestasi untuk jangka panjang kelangsungan bisnis mereka.
Sungguh miris lagi ketika mengetahui hal yang sangat pundamental ini tidak diberikan pemahamannya kepada mereka (pebisnis online pemula) oleh para trainner yang mengaku ngaku pakar/praktisi SEO dalam workshop-workshopnya.
Para (yang mengaku) pakar SEO ini tidak mencoba memberikan wawasan tentang bagaimana membangun sebuah bisnis dengan penerapan strategi SEO. Tetapi banyak di luar sana para (yang mengaku-ngaku) pakar/praktisi SEO ini hanya sekedar menjual teknik-teknik sampah, seperti: Spamming, Link Farming, dll.
Dengan alasan untuk mendominasi hasil SERPs page one Google, teknik-teknik tersebut mereka ajarkan secara terus menerus di workshop-workshop mereka. Sehingga teknik ini terus dilakukan oleh para pebisnis online pemula yang baru mau mulai belajar SEO.
Padahal cara ataupun trik-trik mereka hanya akan menjadi berkas-berkas sampah yang bertebaran di Internet (Konten tidak relevan, link menyesatkan, bermunculan akun-akun bodong, dan banyak lagi hal lainnya.
Oleh karena itu saya mencoba ingin membuka pola pikir para pebisnis online pemula yang masih awam tentang SEO, dengan menulis di sini kompasiana dan di blog pribadi saya SEO Mindset
Berikut adalah beberapa contoh masalah bisnis yang dapat memengaruhi SEO:
- Pendapatan dan model bisnis
Strategi SEO yang efektif memperhitungkan tujuan situs—apakah itu untuk menjual produk, menjual iklan, mendapatkan prospek, atau mendapatkan pendaftaran keanggotaan.
- Target pelanggan
Siapa yang Anda coba hubungi? Ini bisa berupa kelompok usia, kelompok jenis kelamin, atau spesifik seperti orang yang ingin membeli rumah di lingkungan tertentu.
- Pesaing
Lanskap kompetitif adalah faktor besar lainnya dalam keseluruhan strategi Anda. Persaingan mungkin tertanam kuat di satu bagian pasar online, dan mungkin masuk akal untuk fokus pada segmen yang berbeda. Atau Anda mungkin pemimpin saat ini di pasar Anda dan ingin melindungi posisi ini sambil terus membangun basis pelanggan Anda.
- Tujuan merek
Mungkin ada istilah pencarian yang sangat penting bagi Anda untuk memiliki eksposur pencarian teratas, untuk alasan branding.
- Pengembangan konten
Bagian penting dari SEO dan kesuksesan online secara umum adalah pembuatan dan pengoptimalan konten berkualitas tinggi untuk pengguna Anda. Untuk sebagian besar bisnis, kapasitas Anda untuk membuat konten berkualitas secara berkelanjutan dapat meningkatkan upaya SEO Anda secara signifikan, baik dari perspektif ketersediaan konten (lebih banyak konten di mesin telusur) dan dari perspektif keterlibatan pengguna dan pengembangan tautan (konten hebat menghasilkan tautan konten hebat dan berbagi ke media sosial, yang keduanya dapat memengaruhi SEO secara positif).
- Cara orang menelusuri produk seperti milik Anda
Memahami apa yang dilakukan pelanggan ketika mereka mencari produk atau layanan seperti milik Anda adalah salah satu fungsi paling dasar dari SEO. Ini melibatkan pemetaan kueri pencarian aktual yang digunakan target pelanggan Anda saat mereka pergi ke mesin pencari.
Selain itu konten pada situs juga menjadi bagian penting untuk strategi SEO bisnis Anda. Untuk memahami terkait tentang hal ini, saya akan menulis lagi artikel dengan judul “Konten Situs SEO: 4 Hal Ini Penting Untuk Meningkatkan Penjualan”