Mohon tunggu...
Ixsora GupitaCinantya
Ixsora GupitaCinantya Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Art, Music and Education

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Lulusan Siap Kerja Melalui Program Wirausaha Merdeka

6 Desember 2022   10:40 Diperbarui: 6 Desember 2022   10:44 164
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dalam Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka memberi kebebasan kepada mahasiswa selain memilih kuliah di kampusnya dari semester satu sampai delapan, juga memilih tiga semester di luar Program Studi yang terdapat di luar kampusnya. Bentuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan Permendikbud No 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 1 yang dapat dilakukan di luar Program Studi salah satunya adalah Wirausaha

Bentuk kegiatan pembelajaran tersebut didukung juga oleh Kemdikbud Ristek  dengan meluncurkan Program Wirausaha Merdeka (WMK). Program Wirausaha Merdeka ini menjadi bagian dari implementasi kebijakan Merdeka Belajar dalam Kampus Merdeka. 

Wirausaha Merdeka merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia spesial bagi para mahasiswa yang memiliki ketertarikan terhadap dunia wirausaha dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti Program Wirausaha Unggulan dari Perguruan Tinggi lainnya.

Wirausaha Merdeka menjadi salah satu program yang bertujuan untuk memberikan peluang bagi seluruh mahasiswa yang ingin meningkatkan keterampilan dan pengalaman berwirausaha. Program dari Kemdikbud ini menjadi hal baru yang harus diketahui oleh seluruh mahasiswa sebab juga dapat disetarakan dengan SKS perkuliahan. 

Wirausaha Merdeka sebenarnya juga memiliki tujuan yang jauh lebih besar, yakni memantik minat dan semangat mahasiswa dalam berwirausaha, mampu menanamkan mindset dan kompetensi dasar di bidang kewirausahaan, mampu mendorong peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa, mampu meningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa dan mampu membantu meningkatkan kapasitas dan kualitas lulusan Perguruan Tinggi.

Dalam pelaksanaannya, Program Wirausaha Merdeka (WMK) juga melibatkan Perguruan Tinggi Pelaksana yang memiliki bidang, lembaga, atau inkubator kewirausahaan dan bisnis. Untuk saat ini, Program Wirausaha Merdeka Tahun 2022 telah diikuti lebih dari 11.000 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. 

Salah satu Perguruan Tinggi Pelaksana Program adalah Universitas Bina Nusantara. Program WMK Universitas Bina Nusantara terdiri dari beberapa aktifitas kegiatan yaitu BootCamp, Course Certification (Idea Generation & Prototype Validation), Pembuatan Prototype Bisnis, Pendampingan program wirausaha, dan Pemaparan ide bisnis ke Investor. 

Program ini dimulai penyamaan persepsi, target serta capaian program, dan masukkan dari pakar pada program bootcamp. Program kedua melalui program course certification program ini terdiri dari 2 kursus pada program ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui bagaimana membuat bisnis dan melakukan bisnis setelah lulus. 

Program selanjutnya menciptakan ide menjadi produk nyata dalam bentuk prototype dan dilanjutkan program wirausaha untuk memastikan prototype dapat diciptakan. Melanjutkan prototype yang sudah jadi, program dilanjutkan dengan pertemuan dengan investor. 

Dengan pertemuan dengan investor ini diharapkan usaha yang dibuat dapat terealisasi usahanya sehingga kedepannya bisa menjadi seorang wirausaha. Dengan program ini diharapkan mahasiswa mempunyai skill dan pengetahuan untuk menjadi seorang wirausaha.

Mahasiswa Universitas Esa Unggul juga menjadi bagian dari program WMK Universitas Bina Nusantara tersebut. Universitas Esa Unggul mengirimkan 6 mahasiswa dari dua Program Studi, diataranya adalah Program Studi Desain Komunikasi Visual dan Program Studi Bioteknologi. Tidak hanya dari kampus yang sama, mereka bekerjasama dengan mahasiswa dari kampus lain untuk mengkolaborasikan dan mengembangkan ide, skill dan pengetahuan dibidangnya masing-masing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun