Mohon tunggu...
Ikhvani Wulandari
Ikhvani Wulandari Mohon Tunggu... Wiraswasta - a M o M

Master of Multitasking - wife, best friend & soulmate of M. Afifudin

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Bagaimana Orang Cerdas Itu?

4 Agustus 2022   14:00 Diperbarui: 4 Agustus 2022   14:03 93 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Apakah kalian pikir orang cerdas itu adalah orang yang paling berprestasi di sekolahnya? Yang sering mendapatkan rangking atau bahkan menjuarai banyak perlombaan? Ternyata selama ini yang kita pikirkan salah. Orang cerdas tidak hanya orang yang hebat dalam bidang akademisi, karena ternyata kecerdasan bukan hanya IQ, ada juga SQ, EQ, TQ,dsb.

Saya pernah mendengarkan sebuah pembicara. Kecerdasan menurut Steve Jobs, CEO apple, itu adalah kemampuan berpikir yang tidak biasa. Orang yang cerdas memandang sesuatu itu selalu zoom out. Diibaratkan dia ada di suatu daerah, orang lain mungkin hanya berpikir bagaimana cara pindah dari titik A ke titik B. Sedangkan orang cerdas itu sudah tahu segalanya secara keseluruhan. Karena dia selau zoom out dalam memandang sesuatu. Orang cerdas bisa melihat semua koneksi tampak jelas, yang mana pasti membinggungan bagi sebagian yang lain.

Lantas bagaimana caranya agar kita bisa menjadi cerdas?

Milikilah pengalaman hidup yang berbeda. Jika kamu memiliki pengalaman hidup yang sama, maka akan menjadi sama dengan kebanyakan. Mungkin perlu pergi ke daerah tertentu yang berbeda. Itu pasti akan mempengaruhi kinerja, cara berhubungan, berinteraksi social dan kreatifitas kita. Dan juga pastinya akan menjadikan kita memandang sesuatu dengan persepektif yang berbeda.

Kenapa orang cerdas rajin membaca? Buku sangat bagus bagi introvert yang ingin memperbanyak pengetahuan. Dengan buku maka akan membukakan cakrawala kita. Misal orang yang biasa membaca buku tentang pembangunan ekonomi, berpuluh-puluh buku dibaca maka akan membuat dia kaya pengetahuan akan kondisi ekonomi saat ini berjalan.

Creativity is just connecting things

Kreatifitas itu hanya menyambungkan titik-titik. Titik-titik yang banyak dan beraneka ragam kita sambungkan menjadi satu. Orang cerdas harus keluar dari kelompok pergaulan biasanya. Cobalah keluar temui banyak orang, mendengarkan dari sudut pandang orang yang berbeda, mempelajari banyak hal, tambah pengalaman baru, lihat dunia dengan utuh, jangan hanya satu sudut pandang saja. Lantas kemudian cobalah sambungkan titik-titiknya secara kreatif dan hasilkanlah maha karya kreatifitas mu yang mengubah hidupmu dan orang sekitar menjadi lebih baik

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan