Orang yang buta huruf dijaman digital dan serba maju sekarang ini telah beralih maknanya dari tidak bisa baca tulis menjadi "orang yang tak bisa internetan dan bahasa Inggris", ini menurut saya. P4TK Matematika dengan Diklat Onlinenya membuka wawasan lebih profesional lagi kepada para Guru Matematika melalui Diklat Onlinenya. Sebuah diklat mengikuti perkembangan jaman di dunia yang serba digital dan marak dengan internet.
Jurnal Kegiatan diklat online hari kedua materinya adalah INTERNET .
Pembahasan di topik ini mencakup pemanfaatan Internet sebagai sumber referensi untuk karya ilmiah, bagaimana mencari dan memverifikasi informasi dari internet yang layak untuk digunakan. Selain itu juga membahas publikasi video ke internet, terutama video yang dibuat dengan teknik screencast
Pada kegiatan ini saya mencoba mengikuti alur dan aktifitas Diklat Online P4TK Matematika dengan materi-materi berikut ini :
- 1.INTERNET UNTUK KTI
- Modul Internet Untuk KTI PDF document
- VIdeo Materi Internet-KTI Bacaan
- TUGAS AKTIFITAS 1 file
- 2.PUBLIKASI SCREENCAST
- MODUL SCREENCAST PDF document
- TUGAS AKTIFITAS 2 file
- DISKUSI: CARA DOWNLOAD VIDEO file
- DISKUSI: MENYIMPAN FILE ONLINE
- Forum Diskusi Materi Internet
Dari Materi yang disajikan melalui situsnya E-Training P4TK saya mencoba berbuat dan melakukan apa yang di anjurkan. Diawali dengan membaca hasil download yang saya simpan sebagai arsip untuk kelak dikemudian hari diperlukan, dan akhirnya melakukan praktek bagaimana berinternet didunia maya dengan sang Gurunya adalah situs E-Training P4TK Matematika. Hasilnya bisa disimak berikut ini : Tugas Aktifitas 1 : Pencaharian Naskah
- Carilah 3 naskah ilmiah yang membahas tentang topik tertentu yang akan Anda tulis sebagai karya ilmiah. Gunakamkata kunci yang tepat sehingga naskah yang Anda temukan benar-benar relevan dengan kebutuhan Anda.
- · Tuliskan pada tanggapan/komentar di thread ini dengan menuliskan topik yang anda cari, alamat URL dari naskah-naskah yang anda temukan dan Anda anggap layak dan jelaskan mengapa naskah tersebut Anda anggap
Di kegiatan ini saya coba berkelana dan jalan-jalan di dunia maya dengan INTERNET dan akhirnya menemukan hasil :
Topik Yang Dicari : Pemanfaatn TIK Dalam Pembelajaran Matematika Di sekolah Hasil Pencaharian : 1)http://p4tkmatematika.org/2013/05/seminar-nasional-pemanfaatan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-tik-dalam-pembelajaran-matematika-menyongsong-implementasi-kurikulum-2013/ Alasan Kelayakan : Pada link ini dijelaskan oleh para nara sumber dalam pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Matematika menyonsong implementasi Kurikulum 2013,dimana tidak ada mata pelajarn TIK, tapi TIK TIK digunakan sebagai sarana atau media pembelajaran semua mata pelajaran. Jadi hal ini layak sebagai sumber bagi topik yang saya pilih.Selain itu di link ini juga di sampaikan oleh ketiga nara sumber bagaimana TIK berperan dalam pembelajaran Matematika.
2). http://pasca.tp.ac.id/site/pemanfaatan-multi-media-untuk-meningkatkan-kualitas-pendidikan Alasan kelayakan : Sesuai dengan yang diharapkan dalam pemanfatan TIK Dalam pembelajaran Matemtiak disekolah, dimana dijelaskan 14 poin pemanfaatan TIK untuk pendidikan yang disajikan oleh Prof.Dr.Mustaji,M.Pd
3) http://pmat.uad.ac.id/peranan-tik-dalam-proses-pembelajaran-matematika-di-sekolah.html Alasan Kelayakan : Makalah disampaikan oleh seorang Profesor FMIPA UNJ Prof.Dr. Suyono M.Si, yang membahas tentang pemanfaatan Kalkulator di sekolah. Ini relevan dengan pemanfaatan TIK di sekolah (kelas).
[caption id="attachment_276292" align="aligncenter" width="630" caption="Bukti Screencast Di Situsnya E.Training P4TK Matematika"]
Pada kegiatan ini kendala yang saya hadapi adalah bagaimana menentukan artikel itu layak atau tidaknya sebagai bahan acuan untuk nanti membuat KTI. Tapi dengan modal keyakinan dan masukan dari fasilitator diklat online saya coba singgah di link tersebut diatas.
Tugas Aktifitas 2 : Publikasi Video Screencast
Silahkan mempublikasikan video yang telah dibuat dengan screencast. Silahkan dituliskan pada tanggapan:
1.Judul video 2.Link alamat video (boleh juga meng-embed video langsung ke forum, gunakan old embed code) 3. Kesan pesan pengalaman membuat screencast (dari 3 software, mana yang paling bagus, paling mudah, dsb)
Akhirnya saya buka link di kompasiana yang berjudul " Guru Matematika Membuat Video Pembelajaran Kenapa Tidak?