Mohon tunggu...
Iwan Permadi
Iwan Permadi Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Inggris dan Pekerja Kreatif Televiisi

Lahir di Malang - Hobi Membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Apa Itu Concord dalam Bahasa Inggris?

16 Agustus 2021   17:15 Diperbarui: 16 Agustus 2021   17:28 368 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Concord adalah kesesuaian atau harmonisasi dalam terjemahan bebasnya, namun dalam Bahasa Inggris menurut kamus Webster disebut grammatically agreement. Yaitu kesepakatan antara subjek dan predikat dalam sebuah kalimat yang penggunaannya sangat penting dalam Bahasa Inggris.

Banyak siswa sering mengalami kesulitan dalam pelajaran ini, karena sebagai padanannya dalam Bahasa Indonesia tidak dikenal istilah ini, sedangkan di Bahasa Anglo Saxon ini hal ini jadi pembeda untuk mengkategorikan tidak hanya soal jumlah (number) subjek namun juga turunannya seperti kata kerja (verb) dalam membentuk sebuah kalimat.

Coba mana yang benar : He go  atau He goes? Kemudian It present atau It presents? Kata He dan It dan juga She termasuk kata ganti (pronoun) untuk subjek pria, barang dan wanita dan jumlahnya satu/tunggal yang disebut singular. Bila kita ingin agar kalimat yang dibuat sesuai concord maka harus sesuai jumlah subjek (kata benda) dan “jumlah” kata kerja.  

Hal ini hanya berlaku di Simple present tense,yaitu tenses yang berhubungan dengan kegiatan yang kita lakukan sehari-hari alias rutin baik yang sifatnya general habit (kebiasaan umum) maupun general truth (kebenaran alam).

Contohnya : He goes to school. Kata go berubah menjadi goes dan ini kesesuaian yang diminta, sebab bila ditulisnya He go jelas salah. Karena yang bisa menggunakan kata “go” hanyalah subjek pronoun lain selain He,she atau It yaitu seperti  You go, they go, we go dan I go.

Kesulitan berikutnya adalah kalau kata kerjanya “go” jadi “goes” bagaimana seperti “study” maka jadi “studies”,   “make” jadi “makes’ dan lain-lain, saking banyaknya anda harus menghafalnya.

Berikut sejumlah contoh dari kata ganti yang punya kesesuaian “concord” dengan predikatnya namun ingat ada yang pengecualian (exception), karena tidak semua pengertiannya menjadi tunggal karena ada yang punya pengertian jamak (plural).

1.Subjek He, She dan It

-He travels to Europe every year.

-She drinks milk every morning.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan