Mohon tunggu...
Iwan Permadi
Iwan Permadi Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Inggris dan Pekerja Kreatif Televiisi

Lahir di Malang - Hobi Membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Kata Kerja Bahasa Inggris yang Membingungkan

29 Juli 2021   08:30 Diperbarui: 29 Juli 2021   11:41 313 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kata Kerja Bahasa Inggris yang Membingungkan
Dok. pribadi

Setiap bahasa pasti punya ciri khas dan karakter sendiri yang kadang-kadang membingungkan dan mengherankan penggunanya bila ada aturan atau pakem yang tidak sesuai dengan apa yang kita pahami selama ini dan di dalam Bahasa Inggris ternyata hal itu cukup banyak terjadi. Untuk memahaminya tidak ada cara lain selain mempraktekkan dan memahaminya secara tuntas sehingga tidak tertukar antara tujuan dan akibat yang dihasilkannya.

Contoh ada perbedaan antara kata kerja (verb) to sit dan to seat.  To sit artinya duduk : He sits at that chair (dia duduk di kursi itu). Kata sit ini termasuk jenis kata kerja yang tidak perlu objek makanya disebut kata kerja intransitif. Sementara kata to seat artinya mendudukkan : The driver seats the passengers before driving the car (Sopir itu mendudukkan/merapikan posisi penumpang sebelum mengendarai mobil itu).

To seat membutuhkan objek maka disebut kata kerja transitif.  Jadi bagaimana contoh kalimatnya : (1)The girl sits on that blue chair (Gadis itu duduk diatas kursi berwarna biru) (2)The girl seats her mother before driving her car. (Gadis itu merapikan duduk ibunya sebelum mengendarai mobilnya)

Ternyata hal seperti ini ada dalam sejumlah kata kerja lain dengan memperhatikan fungsinya baik sebagai kata kerja transitif (perlu objek) dan intransitif (tidak perlu objek) seperti contoh diatas.

1.to Lie dan to Lay 

-To lay artinya meletakkan yang memerlukan objek (transitive verb).

a.The man lays flowers in his wife’s grave every month (Pria itu meletakkan bunga di makam istrinya setiap bulan) – Bentuk present tense. 

-To lie artinya berbaring/merebahkan diri/ istirahat yang tidak memerlukan objek (intransitive verb).

b.After working hard yesteday, Sam lay on the sofa (Setelah bekerja keras kemarin, Sam berbaring di sofa) – Bentuk past tense.

Note : Ini memang membingungkan karena di contoh kalimat b , kata kerja lie berubah menjadi lay dalam bentuk past tense. Dan ternyata dalam pembagian waktu penggunaan kata kerja ini , susunannya seperti ini :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x