Mohon tunggu...
Iwan Permadi
Iwan Permadi Mohon Tunggu... Guru Bahasa Inggris dan Pekerja Kreatif Televiisi

Lahir di Malang - Hobi Membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Mengenal Tanda Baca dalam Bahasa Inggris

20 April 2021   04:10 Diperbarui: 20 April 2021   06:54 887 5 0 Mohon Tunggu...

Dalam percakapan Bahasa Inggris yang normal saat berbicara kadang kata kita tidak melulu bicara hal-hal yang sifatnya linguistik namun juga hal-hal yang sifatnya tehnis seperti istilah matematika, ekonomi, komputer atau ilmu eksakta yang sulit dideskripsikan dalam bentuk bahasa saja.

Ada beberapa tanda baca yang umum kita ketahui misal tentang koma (yang dalam Bahasa Inggris ditulisnya comma), kemudian persen (percent) dan beberapa kata lain yang sering kita dengar )seperti garis miring (slash), garis bawah (underscore), tanda tanya (question mark), dash (garis pisah/tengah) dan beberapa kata lainnya.

Namun ternyata simbol-simbol ini dalam Bahasa Inggris sangat banyak dan untuk memahaminya, anda harus menghafalnya karena ada pepatah ala bisa karena biasa (digunakan), jadi jangan sampai istilah yang anda gunakan dalam berbicara dengan partner anda yang berbicara dalam Bahasa Inggris tidak nyambung, sehingga anda harus berlelah-lelah untuk menuliskan atau menggambarkannya.

Contoh kalau menggambarkan titik 2 yaitu colon, kalau titik coma berarti semi colon. Membahasakan simbol dolar dengan  menyebutnya dollar sign ; menggambarkan kurang dari dengan menyebutkan less than, sedangkan menggambarkan lebih dari yaitu dengan greater than.

Sedangkan dalam kurung dengan menyebutkannya parentheses, namun juga bisa dengan brace , tapi diantara keduanya ada perbedaan simbolnya (lihat gambar bawah).  Period untuk menyebutkan kata titik atau akhir kalimat dalam Bahasa Inggris, sedangkan apostrophe adalah tanda baca di akhir kata setelah kata ganti kepunyaan seperti Rudi's book, salah satu contohnya.

Exclamation mark adalah tanda baca yang digunakan setelah kata seru, misal Open the door please!  Sedangkan quotation mark adalah tanda kutip yang digambarkan dengan 2 koma diatas yang biasanya digunakan untuk menandakan hal-hal yang penting atau khusus seperti "The blue car" belongs to the prince (artinya mobil biru itu milik pangeran itu) atau untuk menyebutkan kalimat langsung yang digunakan antara pembicara dan lawan bicaranya seperti She asked me, "Where are you going?".

Selanjutnya silahkan anda baca gambar-gambar tanda baca dibawah ini.

Gambar

dokpri
dokpri
 A mistake is an accident, cheating dan lying are not mistakes. They are intentional choices. (Sebuah kesalahan adalah sebuah kecelakaan (tidak sengaja), namun penipuan dan kebohongan bukanlah kecelakaan. Penipuan dan kebohongan adalah pilihan yang disengaja. (Simple Reminders).

Semoga bermanfaat,

Dari sejumlah sumber

iw_permadi@yahoo.co.id

VIDEO PILIHAN