Mohon tunggu...
Iwan Permadi
Iwan Permadi Mohon Tunggu... Guru Bahasa Inggris dan Pekerja Kreatif Televiisi

Lahir di Malang - Hobi Membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Bola

Ekspresi Inggris yang Seharusnya Anda Tahu

4 Januari 2021   23:30 Diperbarui: 4 Januari 2021   23:53 328 0 0 Mohon Tunggu...

Memahami ekspresi / ungkapan  Bahasa Inggris (English Phrases) bagi mereka yang belajar Bahasa Inggris ternyata efektif memudahkan berkomunikasi dalam berbicara dan menulis.

Dengan cara mempraktekkan English phrases, walau anda baru belajar Bahasa Inggris,anda akan dianggap lawan bicara anda sebagai pribadi yang canggih dan keren dalam Bahasa Inggris anda. Contoh kalau ada orang bule atau asing yang fasih berbahasa Inggris, walau mungkin belum lama belajar Bahasa Indonesia, ketika dia merespon jawaban anda dengan ungkapan hal-hal yang khas Indonesia, orang akan mengatakan si orang asing ini “bisa” berbahasa Indonesia.

Contoh bila seorang lokal mengatakan “terima kasih” , si orang asing ini menjawab “kembali”, wah kita bisa beranggapan orang asing ini bagus Bahasa Indonesianya. Seperti juga ketika orang asing mengucapkan “Thank you very much”, kita menjawabnya “You are welcome” , mereka juga mengganggap kita paham bahasa mereka.

Lain cerita seperti dicontohkan dalam film Warkop DKI, ketika Dono jadi petugas reservasi hotel, menjawab ucapan terima kasih pengunjung hotelnya yang bule dengan mengucapkan “Come back”, yang maksudnya “kembali”, malah si bulenya jadi bingung dan datang lagi ke meja reservasi, lol.

Berikut ungkapan Inggris umum lainnya yang mungkin anda sudah tahu, contohnya, “How are you doing” (Apa kabar) ; “Long time no see” (Sudah lama tidak jumpa ya) ; “What’s up?” (Apa kabar?) ; “Don’t take it personally” (Jangan baper- bawa perasaan) ; “I can’t complain” (Saya mau bilang apa).

Sejumlah English phrases lain yang mungkin anda bisa segera pahami dan praktekkan. Check this out....

1.Break a leg  : semoga beruntung  

Biasanya ucapan ini diberikan kepada seseorang atau kelompok yang mencoba peruntungannya didalam sebuah pertunjukan seperti seorang penyanyi yang baru muncul pertama kali di depan  publik atau seorang stand up comedian yang harus memulai lawakannya didepan pemirsa yang kritis. So break a leg and catch your dream (Semoga kamu beruntung dan raih mimpimu).

2.Beats me :  Saya tidak tahu (Benar-benar tidak tahu)

Kita umumnya mengatakan “I don’t know” bila kita tidak tahu jawaban atas pertanyaan seseorang, tapi kita menggunakan “beats me” untuk menegaskan ketidak-tahuan kita sambil mungkin kesal, karena benar-benar “no idea” tentang masalah itu. Contoh seorang koki ditanya perihal dunia antariksa dan dia memang tidak peduli hal tersebut, dan ditanya terus menerus tentang hal itu, dia akan menjawabnya: “beats me”  (Saya tidak tahu dan tidak mengerti).

3.I couldn’t agree more  : Saya sepenuhnya setuju

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x