Mohon tunggu...
Iwan Marpaung
Iwan Marpaung Mohon Tunggu... Mahasiswa

Masih belajar

Selanjutnya

Tutup

Media

Mengenal Jurnalisme Multimedia

22 Februari 2021   23:43 Diperbarui: 23 Februari 2021   14:23 92 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal  Jurnalisme Multimedia
sumber : microdataindonesia.co.id

Perkembangan teknologi informasi saat ini telah membawa perubahan dibidang jurnalisme terutama pada bidang komunikasi informasi. Tentu dengan adanya perkembangan teknologi  informasi tersebut tidak lepas dengan bidang jurnalistik terutama pada jurnalisme multimedia.

Dimana pesan yang disampaikan melalui jurnalisme tidak hanya melalui monoplatform tetapi sudah multiplatform  yang berupa tulisan, audio maupun video.

Sebenarnya apa itu jurnalisme multimedia? dan apa saja elemen-elemen dan pendukung yang terdapat pada jurnalisme multimedia?

Pengertian Multimedia

Menurut Dauze dalam Adzkia (2015, h. 42) Multimedia sebagai cara yang digunakan untuk menyajikan berita melalui beragam format seperti audio, teks, musik, foto, animasi. Sedangkan menurut Feldman dalam Ashari (2019, h. 3) jurnalisme mengandung arti luas yang mencakup upaya mencari dan mengumpulkan informasi penting yang berdampak terhadap publik.

Elemen- elemen dalam Multimedia

Menurut James A. Senn dalam Wardhana (2019, h. 7) multimedia terbagi atas beberapa elemen elemen :

1. Text Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa. Kebutuhan teks bergantung pada penggunaan aplikasi multimedia.

 2. Image Image (grafik) adalah hasil sebuah pengambilan citra yang didapat melalui alat penangkap citra, seperti kamera dan scanner, yang hasilnya sering disebut dengan gambar. Gambar bisa berwujud sebuah ikon, foto ataupun simbol.

3. Audio  (suara) adalah komponen multimedia yang dapat berwujud narasi, musik, efek suara atau penggabungan di antara ketiganya.

 4.  Video merupakan sajian gambar dan suara yang ditangkap oleh sebuah kamera, yang kemudian disusun ke dalam urutan frame untuk dibaca dalam satuan detik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x