Mohon tunggu...
Iwan Setiawan
Iwan Setiawan Mohon Tunggu... Guru - Penulis "keluarga" yang ingin selalu produktif.

Pustakawan, dan bergiat di pendidikan nonformal.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Bertualang di Tiga Museum Kebanggaan

12 Oktober 2021   12:57 Diperbarui: 12 Oktober 2021   13:01 109 13 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Rangkaian kejutan dialami Larry, petugas penjaga malam sebuah museum. Pada malam pertama ia bertugas, sebuah kerangka T-Rex mendadak hidup. Fossil binatang purba itu mengejar kemana pun ia lari. 

Dengan mudah ia menemukan tempat Larry bersembunyi. Tibalah saat Larry tersudut. Tinggal selangkah, gigi-gigi runcing binatang raksasa itu melumatnya. 

Beruntung, Larry memegang buku panduan museum. Berbekal petunjuk dari buku itu, Larry mampu menjinakan si binatang pemangsa. Rupanya, T-Rex yang kesepian hanya ingin mengajak Larry bermain lempar-tangkap tulang bersamanya. Kelakuan yang jadi kebiasaan anjing piaraan.

T-Rex bukan satu-satunya binatang koleksi museum yang mendadak hidup saat malam tiba. Bersamanya ada Gajah, Banteng, Singa dan binatang Benua Afrika lainnya. Ada pula monyet lucu namun ngeselin, Dysan, yang juga turut hidup. Semua membuat Larry kerepotan.

Beruntung di museum tempat Larry bekerja terdapat patung Theodore yang sedang menunggang kuda. Ada pula ratusan manusia Suku Mayo berukuran mini. Mereka pun terbangun dari tidurnya. 

Mereka yang menolong Larry terlepas dari segala kesulitan.

Walau hanya kisah rekaan, lakon Larry mewakili perasaan setiap orang yang berkunjung ke museum. Sontak hati kecil kita berkata andai yang kita saksikan di museum hidup kembali. Dan seperti mengetahui apa yang kita pikirkan, kumpulan benda koleksi itu seperti hidup. Sorot matanya memancarkan aura.

Museum menyimpan beraneka hal berkaitan dengan peradaban manusia. Museum "merekam" kehidupan yang berlangsung pada kurun waktu tertentu. Ibarat buku, museum menyimpan informasi ilmu pengetahuan yang sangat berharga.

Seperti museum tempat Larry berkisah tentang "Night at Museum" nya, Kota Bandung memiliki jenis museum yang kurang lebih sama, bernama Museum Geologi. Tempat ini pun menyimpan beraneka jenis binatang purba yang hidup pada berbagai babakan waktu. 

Tak ketinggalan, museum yang berdiri di jantung kota ini menyimpan reflika kerangka Tyronosaurus Rex, atau T-Rex yang hampir saja melumat Larry.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan