Mohon tunggu...
Febriwan Harefa
Febriwan Harefa Mohon Tunggu... Seorang tenaga pendidik

Membaca, Menulis, Travelling adalah aktivitas yang tidak bisa dipisahkan. Aktifitas setiap hari adalah sebagai tenaga pengajar di sebuah SMK di wilayah Kota Gunungsitoli, Sumatra Utara.

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Nongkrong dengan Teman Kerja Ditemani Hisapan Buah Beri

15 Oktober 2020   15:24 Diperbarui: 15 Oktober 2020   15:26 41 0 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nongkrong dengan Teman Kerja Ditemani Hisapan Buah Beri
Dok. pribadi

Dunia kerja tak melulu soal rutinitas kerja. Dunia kerja juga memberi gambaran soal perlunya sosialisasi di luar "pekerjaan". Sosialisasi di luar pekerjaan adalah hubungan antar pekerja yang terjalin tak dalam keseriusan kerja.

Sederhananya begini. Seorang pekerja kantoran akan bekerja di kantor. Tentunya, ada waktu istirahat bagi para pekerja kantor itu. Nah, waktu istirahat ini digunakan untuk bersosialisasi antarpekerja kantor. Biasanya nongkrong di kantin perusahaan atau sekadar nongkrong di luar kantor.

Relasi ini sangat penting bagi pekerja, khususnya mereka yang pekerja baru. Relasi tak formal ini akan menjalin keakraban. Bahkan, jika kita hidup di Indonesia, biasanya informasi penting itu malah muncul di area tak formal seperti itu.

Informasi penting biasanya soal tipikal bos yang jadi atasan. Tongkrongan seperti ini akan membuat kita lebih tahu tipikal bos kita. Kita akan mendapatkan masukan dari teman soal bos kita. Sehingga, kita tahu harus bagaimana kita kerja yang baik sehingga bisa bekerjasama secara baik dengan bos.

Biasanya tongkrongan seperti ini juga bermanfaat jika ada lowongan kerja yang lebih baik. Tak jarang antarteman kerja kadang saling peduli. Misalnya, ketika si A sudah tak lagi nyaman bekerja karena tekanan dari dalam dan dari luar, biasanya dia akan mencurahkan kegelisahannya.

Dulu ada juga teman yang menceritakan bagaimana tekanan kerja sangat luar biasa. Kerja tak hanya kerja normal, tapi juga kerja lembur. Tentu saja yang namanya kerja lembur ada fee-nya. Tapi, kebutuhan manusia tak selalu soal uang.

Manusia apalagi laki-laki yang jadi kepala keluarga muda, perlu juga pulang ke rumah, bercengkerama dengan istri, bercanda dengan anak. Maka, kalau kerja sudah lembur, kecil kemungkinan bercengkerama dengan anak. Sebab, anak-anak masih tidur. 

Nah, di tongkrongan itu, kegelisahan ini kadang bisa mendapatkan ruang dan solusi. Tak jarang cerita seperti si A itu berakhir dengan mendapatkan pekerjaan yang baru. Kadang juga, dari tongkrongan itu ada solusi yang lebih baik karena kita bertukar pikiran dengan orang yang punya "nasib sama".

Hal yang sering terjadi di tongkrongan kerja adalah bercanda bersama. Bercanda atau setidaknya melepas penat dengan bahasan yang ringan dan menggelikan cukup penting. Kadang joke-joke ringan di masa nongkrong ini bisa jadi modal untuk tongkrongan lain.

Saat bertemu dengan teman lain atau tempat nongkrong lain, joke-joke ringan akan jadi pembeda bagi Anda. Istilahnya, tongkrongan di kantor bisa jadi tempat Anda mencari inspirasi joke untuk mendekatkan Anda dengan banyak kolega.

Obrolan ringan dan bercana itu menjadi penting di masa hidup saat ini yang penuh dengan tantangan dan tekanan. Tantangan dan tekanan bisa membuat kita sangat stress menghadapi hidup. Maka, bercanda ringan yang renyah dan tak menyinggung perasaan akan jadi obat di tengah deru hidup ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x