Mohon tunggu...
Iwal Falo
Iwal Falo Mohon Tunggu... Lainnya - Bukan siapa-siapa, hanya berusaha menjadi yang terbaik

Menjadi diri sendiri

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Oh, Ternyata Kartu ATM pun Bisa Kedaluwarsa

26 September 2021   21:28 Diperbarui: 26 September 2021   21:29 179 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Oh, Ternyata Kartu ATM pun Bisa Kedaluwarsa
Foto: Dokumentasi Pribadi

Hari Kamis kemarin ketika hendak melakukan transaksi penarikan tunai pada mesin ATM (Automatic Teller Machine), saya dikejutkan dengan sebuah tulisan pada layar mesin ATM. Bunyinya kira – kira seperti ini : Pihak Bank menolak transaksi anda dan seterusnya permintaan untuk menghubungi kantor Bank BRI terdekat (kebetulan saya nasabah BRI). Sekali lagi kartu ATM dimasukan ke mesin namun hasilnya tetap sama, di layar mesin tertulis pernyataan di atas. Saya lantas bertanya – tanya dalam hati, apakah gangguan jaringan, mesin eror atau kartu ATM terblokir. Maklum, kejadian ini merupakan yang pertama kali sejak menggunakan kartu ATM. Karena merasa tidak yakin, saya pindah lagi ke ATM terdekat lainnya. Hasilnya pun tetap sama.

Saat itu hari sudah sore, sekitar pukul 17.30 WITA. Di pintu kantor bank tergantung tulisan TUTUP. Tidak ada pilihan lain selain kembali ke rumah. Keesokan harinya tepat pukul 08.00 WITA, saya sudah berada di kantor Bank BRI terdekat. Mumpung masih sepi, langsung tancap menuju CS (Customer Service). Saya sodorkan kartu ATM dan pihak CS langsung merespon dengan mengajukan pertanyaan : Apa yang bisa kami bantu pak? Saya lantas menceritakan kejadiannya. Pihak CS langsung membalas : Oh itu berarti kartu ATM bapak sudah kedaluwarsa jadi harus segera diganti. Wah hal baru lagi saya temui. Ternyata yang bisa expired atau kedaluwarsa bukan hanya makanan atau minuman tetapi kartu ATM pun bisa kedaluwarsa, hehehe. Aneh tapi nyata.

Spontan saya katakan dalam nada tanya : kartu ATM bisa kedaluwarsa? Kan bukan makanan atau minuman. Pihak CS menjelaskan bahwa kartu bapak sudah lama jadi harus diganti. Lanjutnya, semua kartu ATM keluaran BRI, BCA, BNI, Mandiri diprogram hanya untuk dipakai selama lima tahun. Setelah melewati batas waktu tidak bisa digunakan lagi meski secara fisik tidak cacat. Kartu kedaluwarsa belum tentu rusak. Kadang malah masih bagus. 

Lalu bagaimana cara mengetahui kartu ATM expired? Salah satu cirinya yaitu bulan dan tahun Valid Thru telah lewat, kata CS sambil menunjukkan kartu ATM seperti gambar di bawah ini. Gambar di bawah ini merupakan kartu ATM BRI yang baru dengan masa aktif hingga Agustus 2026.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Selanjutnya tanya CS : Apa bapak membawa serta KTP dan buku tabungan? Segera saja saya keluarkan dokumen yang diminta kemudian mengisi formulir permohonan untuk mengganti kartu ATM. Tidak pakai lama, kira – kira 30 menit kemudian kartu ATM yang baru sudah bisa diambil tanpa biaya sepeser pun alias gratis.

Pembaca budiman juga mungkin pernah mengalami hal serupa. Jangan panik. Langsung saja menghubungi pihak bank terdekat untuk menggantinya dengan yang baru. Bagaimanapun juga solusi untuk masalah ini harus ganti kartu. Boleh mengurusnya di kantor cabang atau unit manapun asal tidak beda bank. Tidak harus di tempat kita dulu membuka rekening. Namun sebelum ke sana, ada beberapa persyaratan yang harus dibawa yaitu : Kartu identitas berupa KTP, buku tabungan, kartu ATM yang lama atau yang kedaluwarsa. Datanglah membawa persyaratan lengkap pada hari dan jam kerja. Selain jam kerja dan hari libur, kantor bank pasti tutup dan tidak melayani nasabah.

Sekian dan semoga bermanfaat.

SALAM…

Mohon tunggu...
Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan