Mohon tunggu...
Ivonie
Ivonie Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Sorang Istri dan Ibu dari dua anak, Aiman dan Aira. Aktifitasnya sebagai ibu rumah tangga yang suka menulis, photography, travelling dan berkutat di dapur.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Berkunjung dan Mengagumi Kemegahan Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

24 Oktober 2018   20:56 Diperbarui: 24 Oktober 2018   21:06 514
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Masjid Tampak Depan Dok. Pribadi

Kota Surabaya ini merupakan ibukotanya provinsi Jawa Timur dan bisa dibilang kota metropolitan kedua setelah Kota Jakarta. Banyak pabrik dan pusat industri berbagai macam produk didirikan di kota ini. Maka dari itu saya terbilang malas berkunjung ke kota ini karena kondisi cuacanya yang jadi panas.

Namun pepatah bilang, tak kenal maka tak sayang. Sejak adanya perkembangan dibidang transportasi saya jadi sering berkunjung ke Surabaya, baik dalam rangka pekerjaan maupun liburan keluarga. Kalau dulu takut kesasar karena gak tahu jalur line atau angkot, kini sudah ada transportasi online. tinggal ketik tempat tujuan jadi lebih mudah untuk bepergian selama di Surabaya.

Berkunjung Ke Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Tampak samping Dok. Pribadi
Tampak samping Dok. Pribadi
Biasanya kalau ke Surabaya, saya dan keluarga lebih sering mengunjungi mall ataupun taman, tapi kunjungan kali ini agak berbeda. Sudah sering mendengar gaungnya tempat ini, bahkan sering saya lihat sewaktu melintas di jalan tol Surabaya-Porong namun baru benar-benar menyempatkan waktu khusus ke sana. Berkunjung ke Masjid Nasional Al Akbar menjadi salah satu agenda sewaktu awal bulan ke Surabaya, tepatnya pada ( 7/10/2018) selain menghadiri acara lain.

Usai check out dari hotel tempat saya menginap bersama keluarga, saya pun memesan transportasi online menuju masjid tersebut. Jaraknya dengan hotel memang tidak terlalu jauh namun gak mungkin juga ditempuh dengan jalan kaki mengingat saya juga membawa anak-anak. 

Kali ini juga perlu dikenalkan dengan tempat ibadah di kota lain, agar penanaman nilai agama bisa lebih mengena di hati dan pikiran mereka. Supaya ingatan mereka tak sekedar jalan-jalan ke mall dengan segala permainan yang ada.

Mengagumi Kemegahan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

saya-dan-aira-5bd07910aeebe110b113d4b6.jpg
saya-dan-aira-5bd07910aeebe110b113d4b6.jpg
Begitu mobil yang saya tumpangi bersama keluarga mendekati area masjid, duh decak kagum akan masjid ini makin membuncah di hati saya. Bahagia? Tentunya, ini saat-saat yang saya nantikan. Keinginan berkunjung ke sini sudah terbersit sejak lama namun baru kali ini kesampaian.

Waktu berkunjung bertepatan dengan waktu masuk sholat Dhuhur. Saya memang sengaja sih, sebenarnya bisa saja sholat di hotel tapi saya urungkan karena memang ingin merasakan pengalaman sholat di masjid ini. Masjid yang menjadi kebanggaan warga Surabaya.

Tak hanya terlihat megah, halaman masjid pun cukup luas dan tertata dengan baik. Bangunan masjid dimulai sejak tahun 1995 atas gagasan walikota Surabaya, sempat mengalami kendala dalam prosesnya tapi baru benar-benar selesai tahun 2001, namun peresmiannya sendiri dilaksanakan pada tahun 2000 menurut info yang saya baca.

menara-masjid-5bd07977677ffb0b146edbc3.jpg
menara-masjid-5bd07977677ffb0b146edbc3.jpg
Bangunan masjid terdiri dari 1 kubah besar dan 4 kubah berbentuk limasan dan 1 menara. Menariknya kubah besar Masjid Nasional Al Akbar ini berbentuk setengah telur. Masjid terbesar kedua di Indonesia setelah masjid Istiqlal Jakarta, konon penutup kubahnya terbuat dari produk yang sama digunakan untuk pembangunan masjid raya, salah satu contohnya masjid di Malaysia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun