Mohon tunggu...
iva thurrochmah
iva thurrochmah Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Kerja keras, terus belajar, bersabar.

Mahasiswa Stiamak Barunawati Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Manfaat Berorganisasi bagi Mahasiswa

3 Agustus 2021   15:51 Diperbarui: 3 Agustus 2021   15:53 202 50 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bagi kebanyakan orang menjadi mahasiswa itu sulit, namun jika dilakukan dengan benar dan jujur maka lebih mudah dan menyenangkan. Organisasi telah menjadi bagian penting dari kehidupan mereka. Melalui organisasi, mahasiswa dapat banyak hal positif seperti menerima pelatihan soft skill, interpersonal skill, dan character building. Banyak sekali manfaat dari pengalaman berorganisasi. 

Menambah Wawasan 

Dengan bergabung dalam suatu organisasi, mahasiswa akan belajar banyak hal. Misalkan membuat proposal acara, mengatur anggaran, mencari sponsor atau donatur, dan menghubungi banyak orang, sehingga secara tidak langsung dapat memberikan wawasan dan pengetahuan yang lebih luas. 

Memperluas Hubungan 

Organisasi adalah perkumpulan yang terdiri dari banyak mahasiswa yang tentunya bersal dari jurusan yang berbeda, daerah yang berbeda, dan cara berbicara yang berbeda. Karena pergaulan yang lebih luas dan peningkatan intensitas bertemu orang baru, mahasiswa akan merasakan manfaat berorganisasi

Meningkatkan Keterampilan Komunikasi 

Sebuah organisasi memungkinkan mahasiswa untuk bertemu banyak orang. Hal ini mendorong setiap anggota untuk meningkatkan keterampilan komunikasi tatap muka dan juga dapat melatih mahasiswa untuk berbicara di depan umum. 

Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan 

Dalam suatu organisasi terdapat struktur organisasi yang dipimpin oleh sorang ketua. Namun, keterampilan kepemimpinan harus ada pada setiap anggota organisasi, baik itu sekretaris, bendahara, atau departemen lain seperti hubungan masyarakat, evaluasi dan pengembangan, serta menumbuhkan jiwa kepemimpinan setiap mahasiswa yang bergabung dengan organisasi. 

Manfaat berorganisasi menurut kalian apa???

Jangan lupa Like dan beri Nilai.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan