Mohon tunggu...
Ivan Rifky Hendrawan
Ivan Rifky Hendrawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - Manusia setengah program yang hobi menulis

Ivan Rifky Hendrawan semoga kalian senang membaca nama ini

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Mimpi Menjadi Seorang Programer dari Lulusan SMK, Apakah Bisa?

29 Agustus 2021   17:37 Diperbarui: 29 Agustus 2021   19:10 282 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Jurusan ilmu komputer di penghujung era ini membangkitkan minat khusus di kalangan lulusan SMK atau SMA. Mereka berharap bisa masuk jurusan komputer untuk mencari pekerjaan, khususnya di bidang komputer, dan kemudian mendapat gaji yang tinggi. HOHOHO ini tidak begitu mudah Ferguso!

Dunia komputer tidak hanya membutuhkan pendidikan yang mahal, tetapi juga kemampuan pribadi yang kuat dan kemampuan untuk menganalisis semua situasi, terutama dalam hal algoritma. 

Algoritma adalah susunan setiap langkah dari rangkaian alur pemrosesan kode pemrograman, ya, karena pembahasan komputer juga harus dilakukan dengan contoh komputer. Faktanya, selama prosesnya detail dan urutannya jelas, algoritme dapat digunakan di mana saja.

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menjelaskan secara detail dan jelas. Menjadi programmer yang baik bukanlah bakat, tetapi membutuhkan dasar yang kuat dari keterampilan analitis. Apakah Anda tahu pemrograman setelah kuliah? Ini tidak semudah itu. 

Ada banyak hal yang perlu dipahami selangkah demi selangkah. Bahkan tidak jarang banyak orang yang menambah tahun kuliahnya, karena jika memutuskan untuk berjuang sendiri, mereka harus menyelesaikan skripsi yang rumit, namun jika hanya ingin ijazah, itu lain ceritanya.

Mengenai gaji seorang programmer, bisa dikatakan gaji tersebut tergantung dari kemampuan programmer itu sendiri. Semakin besar pemahaman dan fleksibilitas penggunaan berbagai bahasa pemrograman, semakin tinggi gaji absolutnya. Tidak ada salahnya bermimpi menjadi programmer yang baik dan gaji yang besar, karena ada cita-cita, dan banyak orang butuh cita-cita.

Tetapi sebelum Anda mengambil tindakan, Anda harus terlebih dahulu menyadari bahwa jalan masih panjang. Menjadi programmer yang baik lebih seperti menjadi atlet terkenal. Latihan yang harus dilakukan harus terus menerus dan mengkonsumsi energi fisik dan mental. 

Ya, harga tersebut sepadan dengan gaji yang akan Anda terima di kemudian hari. Oleh karena itu, bagi mereka yang baru saja memutuskan untuk memasuki dunia pemrograman, menjalani kehidupan yang baik di dunia yang penuh tekanan hanyalah kenikmatan.

Mimpi menjadi seorang Programmer apakah itu hal yang wajar.Wajar Kok. Bahkan semua orang bisa menjadi Programmer. Penulis dulunya berasal dari anak SMA jurusan Ips nekat masuk jurusa computer di Universitas swasta di Yogyakarta. 

Penulis ambil jurusan Sistem Informasi setelah lulus ingin sekali menjadi seorang programmer meskipun belum kesampaian sampai saat ini. Setelah lulus hanya bekerja di bidang administrasi karena merasa tidak nyaman karena administrasi bukan hal yang disukai. Akhirnya mencoba diri ke bidang marketing. Namun hingga saat ini tetap berkeinginan menjadi seorang Programmer.

Buat kalian yang baru lulus kuliah jangan pernah takut gagal untuk melangkah percayalah terhadap mimpimu sendiri dan jadikan mimpimu menjadi kenyataan Jurusan ilmu komputer di penghujung era ini membangkitkan minat khusus di kalangan lulusan SMK atau SMA. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan