Mohon tunggu...
Ivan Lanin
Ivan Lanin Mohon Tunggu... Wikipediawan

Wikipediawan pencinta bahasa Indonesia, pendiri LinguaBahasa, dan perangkai kata Kapitulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Tiga Kiat Penjenamaan Diri (Personal Branding)

24 November 2019   12:48 Diperbarui: 24 November 2019   15:44 3818 27 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tiga Kiat Penjenamaan Diri (Personal Branding)
Gelar Wicara "Bagaimana Membangun Penjenamaan Diri Kita" (How to Build Our Personal Branding)" di Kompasianival 2019

Pada sesi "Bagaimana Membangun Penjenamaan Diri Kita" (How to Build Our Personal Branding) di #Kompasianival 2019 yang dilaksanakan di One Belpark Mall, Jakarta, 23 November 2019, saya menyampaikan tiga kiat penjenamaan diri (personal branding) di media sosial, yaitu konsisten, murah ilmu, dan berjejaring.

Pertama, cari apa alasan keberadaanmu (reason of being; ikigai) dan konsistenlah untuk mengampanyekannya. Usahakan alasan itu merupakan gabungan dari (1) apa yang disukai, (2) apa yang dikuasai, (3) apa yang diperlukan dunia, dan (4) apa yang dapat menghasilkan keuntungan ekonomi.

Kedua, murahlah berbagi ilmu. Sampaikanlah ilmu walau hanya satu ayat. Informasi yang kita anggap galib dapat menjadi pengetahuan yang luar biasa bagi orang lain. Ilmu itu laksana air dalam bajan: ia harus mengalir; disalurkan untuk diganti dengan yang segar.

Ketiga, berjejaringlah dengan kaum yang memiliki renjana seiras. Jangan sungkan bertanya dan jangan pula enggan berguru. Rendahkan hati untuk menyesap makrifat dari tanggapan dan komentar orang lain. Di atas langit selalu ada bumantara lain.

Penghargaan

Penyerahan Penghargaan Kompasiana oleh Mas Gemi
Penyerahan Penghargaan Kompasiana oleh Mas Gemi

Ini tulisan kedua saya di sini. Sebelumnya, saya baru satu kali menulis di Kompasiana, platform blog dan publikasi daring yang "Melampaui Blog" (Beyond Blogging). Artikel perdana bertajuk "Anggar" [1] itu bertarikh 30 Desember 2013, lebih dari lima warsa sejak saya terdaftar di Kompasiana (23 November 2008). Kompasianer (sebutan untuk penulis di Kompasiana) favorit saya ialah Pak Gustaaf Kusno dengan coretan kebahasaan beliau yang senantiasa menawan hati.

Pada Sabtu, 23 November 2019--bertepatan dengan ulang tahun ke-11 pendaftaran saya di Kompasiana--saya dianugerahi Kusala Pencapaian Hidup (Lifetime Achievement Award) pada #Kompasianival 2019. Penghargaan itu diberikan atas keaktifan saya menyebarkan pengetahuan bahasa Indonesia melalui media sosial. Apa yang saya lakukan itu dipandang mampu mengungkit keterampilan menulis narablog (blogger) Kompasiana.

Kamus Kecil

  • jenama = merek = brand
  • galib = umum
  • bajan = wadah
  • renjana = passion
  • seiras = serupa
  • makrifat = pengetahuan
  • bumantara = angkasa; langit
  • tarikh = tanggal
  • warsa = tahun
  • kusala = penghargaan

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x