Mohon tunggu...
Prisca Isbandi
Prisca Isbandi Mohon Tunggu... Siswi

Selamat Membaca, Semoga Bermanfaat ūü§ł

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Proses Produksi Massal Mi Instan

11 Agustus 2020   14:44 Diperbarui: 11 Agustus 2020   15:13 58 0 0 Mohon Tunggu...

Hai-!!! Apa kabar? Semoga sehat selalu, dan tetap semangat untuk menjalani aktivitas, terutama dalam masa pandemi seperti ini.

Bicara tentang pandemi, banyak cara yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasinya. Salah satu contoh yang penulis rasakan, dan mungkin beberapa dari kalian juga ikut merasakan adalah bantuan sosial dari pemerintah, yaitu berupa pasokan makanan pokok yang rutin diberikan kepada sebagian besar masyarakat kita secara rutin setiap bulannya. Bahkan pada beberapa wilayah setiap dua minggu sekali, atau bahkan ada yang mendapat tiga kali bantuan dalam satu bulan.

Pasokan pangan itu berisi makanan pokok sehari-hari yang sangat bermanfaat bagi banyak orang. Di antaranya: Beras, minyak, gula, kopi, mi instan, telur, ikan kemasan kaleng, tepung terigu, dan lain sebagainya.

Mi Instan. Tentu sudah tidak asing lagi dengan produk makanan yang satu ini. Bahkan sebagian besar dari kita memasukannya kedalam list 'makanan favorit' sepanjang masa. Selain karena rasanya yang enak, proses pengolahannya pun terbilang sangat mudah, bukan? Atau, jangan-jangan justru kalian bahkan belum bisa mengolah produk yang satu ini?

Lupakan. Mari kita pelajari bagaimana si, proses produksi dari sebungkus mi instan yang biasa kita makan itu!

Tapi, sebelum itu, mari kita cari tahu juga apa itu produksi massal.

Pengertian Produksi Massal

Produksi adalah kegiatan  menambah nilai guna suatu benda, atau menciptakan benda baru, sehingga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan . Sedangkan massal, berarti mengikutsertakan atau melibatkan banyak orang. Maka dapat disimpulkan bahwa: Produksi massal adalah kegiatan membuat atau menciptakan suatu barang yang sebelumnya sudah ditentukan standar spesifikasinya dalam jumlah yang besar melalui serangkaian proses yang sama dengan produk sebelumnya.

Atau dengan kata lain, produksi massal juga disebut dengan produksi terus menerus. Yaitu, proses pembuatan produk yang dilakukan secara terus-menerus dalam jumlah yang banyak.

Awal Mula Produksi Massal

Pada tahun 1926, perusahaan mobil ternama, yaitu Ford Motor Company melakukan produksi massal untuk pertama kalinya. Sehingga, mulai saat itu sistem produksi massal mulai dikenal banyak orang, dan beberapa perusahaan akhirnya menggunakan sistem produksi massal untuk memproduksi produknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x