Mohon tunggu...
Rahmadillah Safitri
Rahmadillah Safitri Mohon Tunggu... Perencanaan wilayah dan kota UNEJ'19

Pwk

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Bagaimana Dampak Eksternalitas Negatif terhadap Lingkungan?

20 Maret 2020   01:11 Diperbarui: 20 Maret 2020   14:07 357 3 1 Mohon Tunggu...

Banyaknya pembangunan selama ini memberikan kesejahteraan dan manfaat untuk perekonomian yang ada. Namun apakah mereka sadar jika itu akan menimbulkan dampak? Dampak baik maupun dampak buruk. 

Pada kenyataannya pembangunan tidak hanya memberikan dampak positif terhadap masyarakat saja, namun pembangunan juga bisa menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan. Proses produksi dan konsumsi membuat banyak dampak besar terhadap lingkungan, karena dari proses tersebutlah menimbulkan limbah yang dapat mencemari lingkungan.

Eksternalitas secara umum dapat diartikan sebagai dampak atau pengaruh yang dirasakan pihak luar atau orang akibat tindakan orang lain tanpa ada kompensasi (Ganti Rugi) dari pihak yang merugikan. Eksternalitas timbul ketika beberapa kegiatan dari produsen dan konsumen memiliki pengaruh yang tidak diharapkan (tidak langsung) terhadap produsen dan atau konsumen lain. 

Terdapat dua jenis eksternalitas, yaitu ekternalitas positif dan ekternalitas negatif. Eksternalitas positif yaitu tindakan suatu pihak yang memberikan manfaat untuk orang lain, namun manfaat tersebut tidak dialokasikan dalam pasar. Sedangkan eksternalitas negatif yaitu sebuah tindakan seseorang atau pihak yang dapat memberi efek negatif bagi pihak lain, namun tidak berdampak apapun pada dirinya.

Adapun contoh eksternalitas negatif pada lingkungan yaitu, polusi. Perindustrian atau pabrik biasanya dalam berproses di lokasi akan memberikan ekternalitas negatif, yang mana ketika perusahaan tersebut membuang limbah hasil olahan atau limbah hasil proses tersebut ke sungai yang berada di sekita pabrik perusahaan tempat pengolahan. 

Hal ini menyebabkan lingkungan tercemar dan juga penduduk sekitar sungai yang akan menganggung biaya eksternal dari kegiatan tersebut. Misalnya masalah kesehatan dan berkurangnya ketersediaan air bersih bagi masyarakat sekitar sungai. Polusi air tidak hanya ditimbulkan oleh pembuangan limbah pabrik, tetapi juga berasal dari penggunaan pestisida dan pupuk dalam proses produksi pertanian.

Adapun pabrik penghasil kertas, yang dapat menyebabkan berbagai permasalahan terhadap pengaruh lingkungan. Industri kertas merupakan salah satu industri yang cukup kontroversial. 

Adapun dampak positif yaitu industri kertas merupakan salah satu sumber pendapatan yang cukup potensial serta merupakan kebutuhan pokok bagi dunia perkantoran ataupun pendidikan. 

Namun, disisi lain industri ini mengorbankan banyak kayu di hutan, selain itu juga pabrik pada proses prosuksi banyak mengeluarkan polusi udara dan limbah buangan yang lainnya, di mana pengolah limbah belum dengan cara yang tepat. Dan lagi-lagi hal ini menyebabkan dampak buruk bagi masyarakat sekitar.

Contoh polusi diatas merupakan eksternalitas negatif, karena limbah akibat pengolahan pabrik secara garis besar berdampak buruk untuk lingkungan, terlebih lagi kepada masyarakat sekitar. 

Namun itu tidak berdampak kepada sang pengusaha atau kelompok prngrlola industri tersebut. Eksternalitas lingkungan sendiri didefinisikan sebagai manfaat dan biaya yang ditunjukkan oleh perubahan lingkungan secara fisik hayati (Owen, 2004). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN