Mohon tunggu...
ITERA MENGAJAR
ITERA MENGAJAR Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pengabdian Masyarakat

Wadah bagi Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera dalam melaksanakan pengabdian masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Semangat Mengabdi Membangun Negeri

10 Agustus 2022   09:34 Diperbarui: 10 Agustus 2022   09:38 258 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: Dokumentasi ITERA Mengajar

Matahari akan tersenyum dengan indahnya ketika pagi mulai mengembang di angkasa. Bersama senyuman itu tumbuh kebersamaan dalam hangatnya keluarga kecil yang kami temui di berbagai tempat berharga dan saat itulah kami juga diajarkan sebuah arti keihklasan dalam pengabdian.

Potret pendidikan di Indonesia yang menyingkap begitu banyak persoalan, membawa keprihatinan tersendiri bagi setiap pasang mata. Di saat ketimpangan sosial menjadi akar permasalahannya, hal itu mencerminkan bagaimana buruknya sistem pendidikan di tanah air. 

Dengan masih banyaknya anak-anak yang belum memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan dasar dan tidak sedikit yang harus putus sekolah. 

Padahal, tingkat pendidikan menjadi indikator utama dalam menentukan taraf kesejahteraan di era globalisasi. Masalah ini yang akhirnya menjadi landasan dari terbentuknya ITERA Mengajar.

Berawal dari niat yang sederhana untuk mengabdikan diri sebagai seorang volunteer, ITERA Mengajar mengawali langkah dan asa bagi kami. Wadah pertama yang menjadi naungan bagi segenap Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera dalam berkontribusi di bidang pendidikan, khususnya bagi pendidikan di Provinsi Lampung. 

ITERA Mengajar memang bukanlah satu-satunya tempat dalam dunia kevolunteeran, tapi di sini kami diajarkan untuk mengerti arti kehidupan yang sesungguhnya. 

Bersama dengan anak-anak yang kami temui di berbagai tempat, di sana kami bukan hanya mengajar, tapi kami lebih banyak belajar dari mereka dalam menghargai setiap kesempatan dan waktu yang diberikan semesta.

Keinginan kecil dari senyuman manis yang kami temui, membersitkan semangat untuk meneruskan cita-cita dan menggapai mimpi mereka. Meskipun jauh dari pusat kota dan tertinggal dari segi kualitas pendidikan, hal itu rupanya tidak menyurutkan semangat mereka untuk belajar layaknya anak-anak di kota yang memiliki kelengkapan fasilitas berupa sarana dan prasarana sekolah yang baik. Bahkan, kami belajar bagaimana menggapai mimpi di tengah keterbatasan dan tidak mengeluh dalam kekurangan yang ada.

Sumber: Dokumentasi ITERA Mengajar
Sumber: Dokumentasi ITERA Mengajar

Sampai di tahun 2022, ITERA Mengajar kembali hadir dengan wajah baru dan semangat yang sama untuk mengabdi membangun negeri. Memberikan kehangatan seperti matahari yang mengawali hari dengan senyuman, meskipun tertatih karena teriknya yang membakar. Namun, bersama-sama kita menuju masa depan yang lebih cerah di kemudian hari dan menggapai mimpi kecil yang terbangun di pelupuk negeri.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan