Mohon tunggu...
ITA VELANI PUSPITASARI
ITA VELANI PUSPITASARI Mohon Tunggu... Guru - Guru kelompok B di TK AL HIDAYAH SANANKULON, Kabupaten Blitar, Jawa Timur

Saya menyukai konten atau artikel yang berkaitan dengan craft atau karya seni tentang tata cara pembuatan media pembelajaran yang menarik untuk anak usia dini

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kolase, Kegiatan yang Menarik untuk Melatih Motorik Halus Anak

21 November 2022   19:08 Diperbarui: 28 November 2022   19:34 792
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kolase... Apa ya arti kolase itu? Kolase adalah karya seni rupa 2 dimensi, yang menggunakan macam-macam paduan bahan yang mampu dikombinasikan hingga menjadi sebuah karya seni. Kolase merupakan kegiatan menggambar yang dibuat dengan cara menempelkan sesuatu atau bahan tertentu pada bidang datar menggunakan lem, sehingga akan menghasilkan gambar yang cantik dan unik. Secara umum bahan baku kolase dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu: bahan-bahan alam (daun, ranting, bunga kering, kerang, biji-bijian, cangkang telur, kulit, batu-batuan, kapas, serat rautan pensil dan lain-lain), dan bahan-bahan bekas sintesis (plastic, serat sintesis, logam, kertas bekas, tutup botol, bungkus permen/cokelat, kain perca dan lain-lain).

Dalam perkembangan era global ini, kolase seringkali dilakukan dengan menggunakan bahan alam, karena ketersediaannya mudah didapat dan familiar dengan lingkungan tempat tinggal anak. Media alam bertujuan agar anak mempunyai kecerdasan spiritual dan peka terhadap lingkungan sekitarnya.

Kolase merupakan suatu kegiatan yang sangat erat kaitannya dengan motorik halus. Karena melalui kegiatan ini, anak dapat menggerakkan jari-jemarinya untuk kegiatan menempel potongan kertas atau aneka biji-bijian pada pola gambar yang sudah disediakan. Anak bisa mengkoordinasikan gerakan mata dan tangan dengan baik. Sejalan dengan pendapat Huda (2019) manfaat kolase bagi anak usia dini di antaranya meningkatkan kemampuan motorik halus anak dilihat dari berbagai aspek kemampuan motorik halus anak yaitu gerakan koordinasi antara mata dan tangan, koordinasi bilateral dan kemampuan manipulasi tangan.

Selain itu, kegiatan kolase juga bertujuan untuk :

  • mengembangkan imajinasi
  • meningkatkan kreativitas untuk memunculkan ide-ide baru
  • melatih kesabaran, ketekunan dan ketelitian
  • melatih konsentrasi
  • mengenal warna dan bentuk
  • melatih anak untuk memecahan masalah
  • melatih anak bertanggung jawab menyelesaikan tugasnya
  • meningkatkan kepercayaan diri, dan
  • membangun rasa kepedulian terhadap lingkungan

sehingga anak bisa berkembang secara optimal sesuai dengan yang diharapkan. Kolase bisa menjadi kegiatan yang menarik dan mengasyikkan untuk anak, terlebih untuk anak yang memiliki minat dan bakat seni.

Metode yang digunakan untuk membuat kolase bisa berupa tumpang tindih atau saling tutup (overlapping), penataan ruang (spatial arrangement), repetisi/pengulangan (repetition), dan kombinasi jenis tekstur dari berbagai material yang ada.

Kegiatan kolase menggunakan bahan alam telah sering dilakukan oleh siswa-siswi kelompok B di TK AL HIDAYAH SANANKULON, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Dan dapat disimpulkan bahwa minat anak semakin meningkat dalam menyelesaikan tugasnya. Anak berantusias dalam mengerjakan kegiatan kolase dengan mencoba berbagai macam bahan alam yang telah disediakan oleh guru. Serta anak merasa bangga ketika bisa menyelesaikan tugasnya sendiri.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa, kita bisa memanfaatkan benda-benda dari alam sekitar yang relative terjangkau serta mudah didapat untuk menarik minat anak dalam kegiatan pembelajaran.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai kolase. Melalui pembelajaran kolase yang unik dan menarik, mampu membuat anak dapat bereksploratif. Disamping itu, kemampuan motorik halus anak pun akan semakin meningkat. Mari kita terapkan kegiatan kolase ini dengan siswa-siswi atau anak-anak dirumah. Selamat mencoba!

oleh ITA VELANI PUSPITASARI, S.Pd

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun