Mohon tunggu...
Iskandar Zulkarnain
Iskandar Zulkarnain Mohon Tunggu... Laki-laki, ayah seorang anak, S1 Tekhnik Sipil.

Penulis Buku ‘Jabal Rahmah Rendesvous Cinta nan Abadi’, 'Catatan kecil PNPM-MPd', 'Menapak Tilas Jejak Langkah Bung Karno di Ende', 'Sekedar Pengingat', 'Mandeh Aku Pulang' (Kumpulan Cerpen) dan 'Balada Cinta di Selat Adonara' (Kumpulan Cerpen). Ayah. Suami. Petualang. Coba berbagi pada sesama, pemilik blog http://www.iskandarzulkarnain.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Masjid Agung Keraton Sambas

8 Juli 2020   08:11 Diperbarui: 8 Juli 2020   08:18 18 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masjid Agung Keraton Sambas
masjid agung kraton Sambas (dok.pribadi)

MASJID AGUNG KRATON SAMBAS.
.
Sambas adalah kota Kabupaten di provinsi Kalimantan Barat dengan ibu kota Pontianak. Untuk tiba di Sambas. Dari Pontianak, kita menuju Singkawang. 

Kota kabupaten dengan jarak 164 km. Dari kota yang dikenal dengan kota Amoy ini, kita harus menempuh perjalana 60 km lagi hingga tiba di Sambas.

Medan jalan antara Pontianak- Singkawang -Sambas relatif rata sepanjang perjalanan, dan menyusuri pantai. 

Masjid Agung Keraton Sambas terletak di sisi kiri dari Alun-alun Kraton Sambas yang dikenal dengan nama Istana Alwatzikhoebillah , di Desa Dalam Kaum, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat.

Lokasi Masjid Agung Keraton Sambas terletak di pertigaan Sungai Sambas atau yang lebih dikenal dengan Muare Ulakan.

Masjid Agung Kraton Sambas, resminya bernama Masjid Sultan Muhammad Syafi'oeddin II.  Saya tidak tahu pasti apakah Masjid Agung Kraton Sambas lebih tua dari Masjid Kraton Al Kadri di Pontianak atau sebaliknya.

Warna kuning yang mendominasi Masjid Agung Keraton Sambas, menyadarkan kita, bahwa Masjid ini kental dengan budaya Melayu.

Kayu Ulin yang menjadi bahan pokok penyusun bangunan Masjid  Agung  Kraton Sambas menjadikan Masjid yang berusia ratusan ( 135 tahun ) ini tetap kokoh berdiri. Diresmikan pada tanggal 10 Oktober 1885 M. 

Untuk sahabat yang tiba di kota Sambas, lalu kebingungan untuk mencari lokasi Masjid Agung Keraton Sambas, berikut ini saya lampirkan alamatnya. Dengan demikian, dengan bantuan google map, sahabat segera akan tiba pada Masjid legendaris Masyarakat Sambas Kalbar ini.

Alamat Masjid Jami' Kesultanan Sambas
Jl. Istana, Dalam Kaum, Kecamatan Sambas
Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat 79462
Indonesia.
.
Pontianak, 01/07/20.

VIDEO PILIHAN