Isya Andika
Isya Andika

Seorang yang selalu ingin belajar dan mengembangkan diri, juga Pribadi yang ramah, mudah bergaul. Punya ketertarikan tersendiri terhadap dunia IT. Kadang juga suka menulis dan mengulas tentang hal yang perlu dan dianggap penting. Isya andika juga mengelola beberapa situs yaitu : Tempuhtamah.com (http://tempuhtamah.com/) | dhkengineering (http://dhkengineering.blogspot.com/) | (http://dhksajak.blogspot.com/) | (http://dhktraveller.blogspot.com/) | (http://ceding.blogspot.com/) Situs tersebut adalah wujud dari sebuah cerita dan hal yang bersifat sharing lainnya. berbagi tentang teknologi, histori dan seni, pandangan dan opini, blogger, dan informasi gamer. semoga dengan keberadaan kita di dunia maya ini menjadi lebih dekat dan mendekatkan. agar tidak ada jarak diantara kita. :) Salam Blogger

Selanjutnya

Tutup

Digital

Youtube atau Blogger?

8 April 2019   18:33 Diperbarui: 8 April 2019   18:40 89 1 1
Youtube atau Blogger?
www.picswe.com

Millenial tak ada yang tidak tahu apa itu Youtuber dan Blogger, semua kita pasti tahu bukan? Oke jadi kalaupun sudah tahu tetap saja akan kuberitahu :) biar jelas, ya kan bung. 

Jadi Youtuber adalah orang yang berkecimpung mendalami dan konten yang ada di sebuah Situs Video bernama Youtube. Sementara Blogger berfokus pada web blog atau situs. Ada juga yang menjalankan keduanya secara bersamaan. Jadi ini bisa dikatakan hal yang biasa dilakukan agar bukan hanya menyediakan konten lewat video namun juga lewat tulisan. jadi gitu bung.

Bung, sebenarnya untuk menjalani aktifitas Online tidak ada yang bisa membatasi apapun yang kita lakukan. Blogger adalah seni, pun Video. jadi pilihan itu ada pada minat dan bidang mana yang akan ditekuni dan sesuai dengan kita.

Banyak yang hanya iseng-iseng membuat sebuah Channel dan Mungkin juga iseng membuat sebuah blog, karena memang pembuatannya melalui Paltform yang mulai dirasa mudah saat ini.

Lain halnya jika memang berangkat dari niat ingin benar-benar menggeluti dunia blogging dan semacamnya, yang pada akhirnya akan juga mendapatkan timpal balik atau hasil yang diperoleh.

Kembali ke pembahasan Blogger ni bung, agar tidak ada yang keliru maka sedikit tidaknya mengartikan itu adalah pekerjaan yang enteng atau di pandang sebelah mata, (Pandang sebelah mata, kupecahkan otak kau nanti mau, hahaha)

Siapapun bisa menjadi blogger bung, selagi ada kemauan. dan biasanya untuk menjadi seorang blogger akan sangat banyak tantangan yang dibuat sendiri atau bahkan terbuat oleh waktu, makanya waktu adalah uang bung. (gak nyambung yang bung, oke sorry)

Karena ada Blogger yang hanya menelantarkan blognya, ada juga yang hanya sekedar ada, (ini nih, maen-maen aja kerjanya bung, gak sungguh-sungguh dia.)
Untuk menjadi seorang yang di anggap mempunyai bakat seni (anggaplah seni) di bidang Blogger atau Youtuber, maka akan ada kebutuhan yang mendasar yang harus di pahami dan dikuasai, walaupun memang yang menguraikan ini belum begitu paham namun minimal kita bisa tahu dan sama-sama belajar tahap awal agar keadaan yang akan datang tidak menjereumuskan kita kepada hal yang sia-sia.

Namun ada juga sebenarnya yang mungkin kita lupa bahwa semua itu tidak berlaku jika bakat itu sudah diwakilkan kepada orang lain. Maksudnya adalah, ketika seseorang tidak begitu benar-benar menguasasi pemahaman tentang dunia online (Youtuber & Blogger) maka bisa saja orang tersebut menyuruh atau lebih sering kita dengar dengan istilah menyewa orang lain untuk kebututuhannya. 

Nah kalau sudah begini lain cerita, dan memang bukan ini yang akan di ulas, hanya saja ada titik dimana keharusan Creator itu ada pada diri kita terlebih dahulu baru mungkin urusan lain bisa diserahkan kepada orang lainnya. Sebagai Blogger pemula bung, kriteria dasar yang harus ada adalah :

1.  Blogger : Pentingnya  Menguasai ilmu jurnalistik, yang minimal tahu cara menulis, atau bahkan tahu konsep dasar mengeluarkan sebuah ide dalam bentuk tulisan. Konsepnya adalah dengan menyamakan cara bicara kedalam tulisan.

2.  Punya referensi dan wawasan yang luas. Inilah bagian yang paling penting dan paling utama sekali harus di miliki oleh seorang Blogger. Untuk bisa mempunyai wawasan yang luas itu maka perbanyak membaca adalah kuncinya, karena menulis jodohnya adalah membaca. Disarankan sekali bahwa Blogger setidaknya mampu mengembangkan bahan dasar atau bahan referensi yang sesuai dengan sebenarnya.

3.  Secara teknisnya nanti juga tidak tutup kemungkinan akan memerlukan juga kemampuan ilmu Coding (PHP, CSS, HTML) guna memperlancar integrasi antara tata kelola dan design pada Blog. 

Dengan kata lain, minimal tahu seluk beluk pembuatan Kode pada blog. Cari tahu itu, dan pastinya itu banyak bertebaran di Internet. Tidak harus sepenuhnya menguasai, yang penting ada dasar agar tidak bingung dalam proses pengubahan kode Template atau kode yang terdapat dalam blog/website. Sebenarnya pilihan untuk bisa memahami Coding itu sendiri bisa dipatahkan dengan adanya CMS saat ini. 

Dengan CMS tidak perlu repot mengoding, yang dibutuhkan hanyalah sebearapa Kreatif kita dalam mengelola sebuah blog. Banyak CMS yang bergentayangan jika kita mau menjalankannya. Terlebih jika pernah menggunakan Wordpress ataupun Blogger, ini adalah dua CMS yang sangat Populer saat ini, dan bisa dicoba karena ini adalah wadah yang menyediakan langsung Hosting dan Domain Gratis.

4.  Pentingnya sebuah keteguhan dalam menulis. ini sangat diperklukan sekali agar konten yang akan dimuat bernilai dan memuaskan.

5.   Tahu sedikit (kalau bisa sih banyak) tentang Ilmu SEO.

Lalu kita beranjak ke Youtuber bung.

Jangan kau kira jadi Yooutuber itu gampang, Nongol di Kamera, Edit terus Upload. Kelihatannya sih sederhana, tapi jika kau tahu seluk dan beluk ( Seluk beluk, berbeluk-beluk, ah apasih ini).... haha

Ok santai, rileks ya kan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2