Mohon tunggu...
Ismail Wekke
Ismail Wekke Mohon Tunggu... Dosen - Warga Kota Sorong, Papua Barat

Membaca dengan bertualang untuk belajar mencintai Indonesia...

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Pendidikan Tinggi yang Memprihatinkan

15 Juli 2013   08:45 Diperbarui: 24 Juni 2015   10:32 644
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Berapa jumlah jurnal terakreditasi Dikti Kemendikbud di kawasan timur Indonesia (KTI)? Terminilog KTI ini mencakup Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi sampai ke Papua melalui Maluku. Dari puluhan provinsi itu yang masing-masing terdapat di dalamnya satu atau bahkan lebih perguruan tinggi. Ada juga perguruan tinggi Agama Islam yang dikoordinir Kementerian Agama.

Hanya ada SATU. Tidak lebih. Jurnal itu dikelola di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin, Makassar. Selebihnya tidak ada. Hurnal Pemikiran Islam al-Fikr, terakreditasi sejak 2010. Tahun ini akan menempuh re-akreditasi. Sistem akreditasi jurnal pola Kemendikbud sebelum 2013 jangka waktu akreditasi selama tiga tahun. Setelah itu harus dilakukan proses reakreditasi dengan prosedur yang sama ketika pertama kali diakreditasi.

Apa memang susah punya jurnal terakreditasi?

Dalam praktiknya susah. Buktinya, dengan kawasan yang luas itu dan ditambah jumlah perguruan tinggi yang tidak bisa dikatakan kurang, ternyata hanya ada satu jurnal terakreditasi. Berarti ada kepemimpinan di perguruan tinggi yang tidak memberikan arah yang jelas bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

Padahal, jurnal adalah sarana untuk memberikan dorongan agar civitas akademika senantiasa terlibat dalam aktivitas keilmuan terkini. Jurnal sebagai publikasi berkala dan membahas keilmuan yang lagi trend, akan memberikan dampak bagi kalangan kampus untuk senantiasa membangun komunikasi dengan masyarakat keilmuan yang ada dalam rumpunnya. Ini menjadi penting agar tidak ketinggalan informasi. Maka, di kelas-kelas pembelajaran, dosen senantiasa akan menyampaikan proses keilmuan yang mutakhir. Bukan ilmu yang sekedar dari waktu ke waktu sama saja.

Kalau kemudian seorang pimpinan punya komitmen untuk memberikan wadah kecendekiawanan kepada kalangan kampus, maka mudah saja. Untuk kebutuhan operasional pengelolaan jurnal dapat didukung dengan dana yang memadai. Hanya saja, tidak semua pimpinan punya perspektif tentang ini. Lebih banyak mereka berpikir tentang pagar yang indah, selokan dan pengadaan lainnya. Jurnal tidak dipandang sebagai mercusuar keilmuan. Semata-mata ukuran yang digunakan adalah sarana fisik yang tampak dan terlihat orang ramai.

Sementara perpustakaan tidak terisi dengan buku-buku yangberkualitas. Pengadaan bukupun yang penting banyak dan tidak melihat siapa pengarangnya serta dari mana penerbitnya. Semata-mata hanya jumlah. Tidak pada kualitas buku. Apalagi langganan surat kabar dan majalah ilmiah. Itu semua tidak ada terlintas dalam benak pimpinan beberapa perguruan tinggi. Kalau jurnal, hampir semuanya tidak ada yang berlangganan.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Untuk mengatasi krisis jurnal terakreditasi ini ada beberapa hal yang harus dilakukan pimpinan perguruan tinggi. Pertama, membentuk tim orang-orang yang peduli akan jurnal. Di perguruan tinggi bisa saja ada tim 10 atau tim 5 yang fokus untuk mendorong adanya jurnal terakreditasi.

Kedua, tim yang ada dilatih dan diberikan kemudahan untuk meningkatkan keterampilannya. Perlu dikirim secara berkala untuk mengikuti pelatihan dengan fokus pada penguasaan menyunting artikel, manajemen berkala ilmiah. Termasuk di dalamnya pengunaan teknologi informasi untuk penyebarluasan jurnal. Ini juga akan berfungsi sekaligus dalam pengelolaan open access journal untuk indeks ke Scopus, ISI dan institusi yang mengkhususkan dalam indeks tersebut.

Ketiga, perlu kerja berjaringan. Maka, perguruan tinggi yang memiliki hasrat untuk mewujudkan jurnal terakreditasi perlu bekerja sama. Saling mendukung, juga berbagi informasi yang ada. Perkembangan terkini dan terobosan teknologi informasi yang ada senantiasa dikomunikasikan sehingga dapat mencapai tujuan bersama.

Keempat, tidak kalah pentingnya adalah ketersediaan artikel. Dengan demikian dosen-dosen di setiap program studi perlu dilatih melalui “Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal”. Hasil akhir pelatihan ini adalah tersedianya artikel jurnal untuk dapat dimuat dalam jurnal tersebut. Untuk mencapai standar atau kualifikasi yang diinginkan, dapat saja setiap dosen didampingi oleh dosen yang lain untuk bersama-sama menulis artikel. Saling memberi dukungan berupa saran dan referensi sehingga artikel yang ada merupakan artikel hasild ari kerja kelompok.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun